Ketua PWI Sumut, H.Farianda : Sukses HPN 2023 akan Tergantung Kab. Deliserdang

268

TANAH KARO (Sumut) ketikberita.com | Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 tinggal dua bulan lagi. Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan even tahunan tersebut. Untuk itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H.Farianda Putra Sinik banyak berharap agar even bergengsi tersebut dapat berlangsung sukses dan bermanfaat bagi masyarakat secara umum terutama insan pers di Sumut.

“Suksesnya nanti HPN Tahun 2023 mendatang akan tergantung Kabupaten Deliserdang. Dalam hal ini koloborasi PWI Deliserdang bersama Pemkab Deliserdang,” ujar Farianda dalam sambutannya saat membuka resmi Rapat Kerja (Raker) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) PWI Kab.Deliserdang, di Green Garden Hotel, Berastagi, Kab.Tanah Karo, Kamis (1/12/2022).

Dihadapan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Deliserdang, Dr.Dra.Hj.Miska Gewasari, MM, Farianda mengungkapkan, HPN juga akan menjadi indikator keberhasilan PWI Sumut berkoloborasi bersama Pemkab Deliserdang dan PWI Deliserdang dalam menyelenggarakan even bergengsi ini.

Ia menjelaskan, Deliserdang yang merupakan pintu gerbang di Sumut, yaitu masuknya wisatawan domestik/nasional dan mancanegara, dimana adanya bandara Internasional Kualanamu, dan ini menjadi potensi yang harus dapat dimanfaatkan Pemkab dan PWI Deliserdang selaku tuan rumah HPN nanti.

“Dengan begitu HPN 2023 dapat mendorong meningkatnya arus wisatawan dan bisnis pariwisata di Sumut,” ucap Farianda.

Farianda juga mengungkapkan apresiasinya dan terimakasih kepada PWI Deliserdang yang berinisiatif dan cepat dalam melaksanakan Raker dan Bimtek ini. Dan program/acara ini baru ini dilaksanakan di jajaran PWI kabupaten/kota se-Sumut.

“Ini program bagus sekali. Saya ada buka PDRT PWI utk kabupaten/kota, memang belum ada program seperti ini (Raker dan Bimtek-red). Ternyata PWI Deli Serdang bisa lebih duluan begerak cepat membuat acara ini daripada PWI daerah yang lain,” ungkapnya.

Sebelumnya dalam sambutannya Ketua PWI Deliserdang, Lisbon Situmorang mengatakan, kegiatan Raker dan Bimtek ini bisa berlangsung juga tidak terlepas dari peran Pemkab dan Kominfo Deliserdang sebagai mitra pers PWI Deli Serdang selama ini.

Lisbon menjelaskan, dalam Raker yang pertama kali diadakan di PWI tingkat kabupaten/kota di Sumut PWI Deliserdang, dalam hal ini nantinya penasehat, pengurus dan para anggota akan melahirkan beberapa poin dari program kerja yang strategis yang tentunya bersinergi bersama unsur pemerintahan dan pihak swasta di wilayah kerja Kabupaten Deliserdang.

Adapun program jangka pendek, diantaranya yaitu; Kegiatan penyambutan dan pelaksanaan HPN Tahun 2023 di Sumut dimana Kabupaten Deliserdang sebagai pintu gerbang masuknya peserta HPN, Pelaksanaan kegiatan Bhakti Sosial, Pembentukan Ikatan Keluarga Wartawan (IKW) di PWI Deli Serdang.

Sedangkan program jangka panjang, diantaranya; Renovasi kantor PWI Deli Serdang, Pelaksanaan kegiatan PWI Deli Serdang Goes to School, Pelaksanaan PWI Deli Serdang Goes to Village, Penerapan administrasi PWI DS berbasis digital, Pelaksanaan kegiatan Pra UKW dan UKW, Rencana kegiatan Family Gathering, dan rencana pembentukan usaha bersama PWI Deli Serdang.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Deliserdang, Dr.Dra.Hj.Miska Gewasari, MM, mengatakan dukungannya pada kegiatan Raker dan Bimtek PWI Deli Serdang ini.

“Kami pun tetap konsen pada sumber daya manusia atau SDM.Oleh karena itu, kami mendukung program –program positip yang dilaksanakan PWI Deli Serdang ini,” ujarnya.

Miska juga menyinggung tentang Mainset Millenial. Artinya, ungkapnya, meski usia-usia kita termasuk penasehat, pengurus, dan anggota PWI Deli Serdang dikategorikan usia ‘Kolonial’ tapi harus mengikuti perkembangan zaman dalam menghadapi perubahan yang cepat, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi atau teknologi digital.

Menurutnya, organisasi profesi juga harus bisa meningkatkan konsentrasinya dan kesejahteraannya. Untuk HPN 2023, pihaknya, sebut Miska, akan mendukung semua kegiatan dan pelaksanaannya nanti. Karena ia sebelumnya juga menyadari bahwa fungsi media/pers tidak terlepas dari kinerja pemerintah.

“Ya, kita tetap terus bersinergi termasuk dalam mensukseskan hpn tahun 2023. Pers juga sebagai corong sosialisasi program-program pemerintah, edukasi dan tentunya kita berharap media juga menjalankan fungsi sosial kontrolnya. Karena kami perlu berita-berita yang seimbang , balance,” ungkap Miska. (r/red)

Artikulli paraprakAnggota DPRD Medan Laporkan Balik Pelapor Dugaan Kasus Penganiayaan
Artikulli tjetërDilaporkan Aniaya Warga, Anggota DPRD Medan Terancam Dipecat