Kepala Dusun Desa Baru Sebut Bilal Mayit Saat Memandikan Jenazah Seperti Memandikan Lembu dan Kasar

91

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Viralnya Ucapan Kepala Dusun menyebut bahwa Bilal Mayit Pak Ponirin memandikan jenazah seperti memandikan lembu, membuat heboh Warga di Dusun 1 Desa Baru Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Sumatera.

Hal memandikan Jenazah seperti memandikan Lembu dan kasar yang di sampaikan Kepala Dusun Bambang Irawan di ungkapkannya saat di Wawancara awak media pada Tanggal 11/08/2023. Terkait hal tersebut pihak keluarga bapak Ponirin selaku bilal mayit yang telah mengabdi selama 8 tahun tak terima dengan perkataan Kepala Dusun.

Saat di Wawancara Bapak Ponirin Selaku Bilal Mayit di Desa Baru mengatakan, Ucapan Kadus Dusun 1 Bambang Irawan bahwa Pak Ponirin memandikan Jenazah seperti memandikan lembu dan kasar mewakili Warga Dusun 1 pada kenyataannya bukanlah semua Warga Dusun 1 yang mengatakan, melainkan hanya satu orang yang berinisial IWG, yang saat ini sedang merantau di luar Kota.”Ucapnya.

“Terkait mediasi yang dilakukan di masjid tadi hanya sebatas penyerahan SK Bilal Mayit yang dilakukan Pak Ponirin kepada Bambang Irawan Kadus dusun 1 tanpa ada surat pemberhentian dari Pemerintah Kecamatan maupun Pemkab Deli Serdang.”Tambahnya.

Dilokasi yang sama anak dari Pak Ponirin Fitridahningsih mengatakan.”saya enggak terima atas ucapan Kepala Dusun di Vidio tersebut, sebab tidak ada klarifikasi dan permohonan maaf dari Kadus itu.”Ungkapnya.

“Warga yang menghadiri mediasi di Masjid Nurul Ikhwan itu tak seluruh Warga Dusun 1 yang datang, hanya keluarga dan pendukung Kepala dusun saja yang datang, ayah saya melalui rezim kepala Dusun seolah-olah dipaksa untuk berhenti menjadi Bilal Mayit secara sepihak.”Pungkasnya.

dari Kadus maupun warga yang membilangkannya itu, malah Kadus nya bilang, orang yang bilang namanya IWG dia enggak bisa hadir karena merantau, kalau mau biar video call, saya sangka semua warga yang bilang ternyata hanya cuma satu orang, maunya adalah klarifikasi minta maaf berupa video jugalah.” Ujarnya

“Karena bapak kami legowo, kami serahkan SK Bilal Mayit kepada Kadus nya, tapi itupun kami belum menerima surat sepotong pemberhentian dari camat maupun dari pemerintah kabupaten Deli Serdang.” Sambung Fitri.

Bambang Irawan Kepala Dusun belum juga membuka via whatsappnya sekira pukul 11:00 WIB saat di konfirmasi tak juga memberikan tanggapan,

Kepala Desa Baru Sugianto sekira pukul yang sama, dan Camat kecamatan Batang Kuis Nasib Solichin, sampai berita ini diterbitkan belum juga ada jawaban via WhatsApp.

awak media untuk mempertanyakan mekanisme SK bilal mayit yang berpindah tangan tanpa ada surat pemberhentian dari pemkab maupun kecamatan, serta klarifikasi berupa video atas ucapan kalimat Bambang Irawan sebagai Kadus. (As)