Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi Himbau Warga Pengendara Patuhi Aturan Lalu Lintas

87

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Sat Lantas Polres Tebingtinggi bersama tim personel Satgas Gakkum dan Satgas Preventif dihari ke 12, kembali menggelar Operasi (Ops) Zebra Toba 2023, tepatnya Jumat (15/9/2023), dimulai sekitar 10.00 WIB hingga selesai.

Ops Zebra Toba hari ini digelar di dua lokasi yang masuk wilayah hukum Polres Tebingtinggi, yaitu di Jalan Yos Sudarso Kota Tebingtinggi, tepatnya di depan Pos Lantas Simpang Beo dan Jalan Medan – Tebinggtinggi di Desa Payabagas Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Seperti hari-hari sebelumnya, Ops Zebra Toba dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran warga sebagai pengendara dijalan raya. Dimana hingga memasuki hari ke 12, tim Satgas Gakkum dan Satgas Preventif dibawah komando Kasatlantas Polres Tebingtinggi AKP Dhoraria Safitri Simanjuntak, S.H, M.H yang juga sebagai Kasatgas Gakkum bersama Ipda HST Purba selaku Kasatgas III Preventif terus berupaya memperkecil tingkat pelanggaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Tebingtinggi.

Dalam pelaksanaan Ops Zebra Toba hari ini, selain melakukan pengaturan lalu lintas, pengawalan dan patroli mobile, tim personel juga memeriksa kelengkapan pengendara yang terjaring razia, baik roda 2, 3, maupun roda 4 atau lebih.

”Ini dilakukan untuk memastikan adanya kelengkapan surat-surat seperti surat izin mengemudi (SIM) bagi pengendara saat beraktivitas berkendara dijalan raya agar selalu membawa kelengkapan surat-surat kendaraannya, baik Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan kriteria kendaraan yang dibawa serta penggunaan helm SNI dan juga safety belt bagi pengendara roda 4 atau lebih,” ungkapkan Kasi Humas Polres Tebingtinggi AKP Agus Arianto menjelaskan kepada media atas kegiatan yang telah berlangsung.

Lanjut AKP Agus, tim personel secara humanis juga menyampaikan edukasi kepada warga pengendara dengan menghimbau agar dapat mentaati aturan dalam berlalu lintas demi terciptanya kenyamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas.

”Namun apabila didapati warga pengendara yang tidak mentaati aturan dalam berkendara, oleh tim personel diberikan sanksi tindakan berupa teguran, bahkan sanksi penilangan sesuai dengan kesalahan yang dilakukan warga pengendara,” ucapnya.

Diakhir keterangan Kasi Humas mengatakan bahwa Ops Zebra Toba untuk hari ini berjalan aman, lancar, tertib dan terkendali serta arus lalu lintas terpantau normal tidak terjadi kemacetan, papar AKP Agus Arianto menerangkan. (ar)