Jum’at Berkah : Samsat Balaraja Sediakan Kopi, Teh dan Snack Gratis Untuk Wajib Pajak dan Santuni Anak Yatim

120

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Samsat Balaraja terpanggil untuk terus melakukan sebuah gerakan nyata, dengan mengadakan kegiatan Jum’at Berkah dan juga menyantuni anak yatim, berbagi memberikan Kopi, Teh dan Snack gratis bagi masyarakat yang akan melakukan pembayar pajak kendaraannya.

Tingginya antusiasme masyarakat Kabupaten Tangerang, dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor membuat Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Balaraja melakukan inovasi untuk meningkatkan mutu pelayanannya. Konsep Jum’at Berkah dan Menyantuni Anak Yatim lahir untuk memanjakan para wajib pajak yang ingin membayar pajak di Samsat Balaraja. Jum’at (8/9/2023).

Kepala UPTD PPD Samsat Balaraja M.Ali Hanafiah mengatakan, Ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan wajib pajak. Bangunan yang terletak di sisi timur Kantor Samsat Balaraja tersebut menyediakan seduhan kopi dan teh, serta snack gratis untuk para pelanggan wajib pajak yang datang. Sehingga mereka bisa santai mengobrol sembari menyeruput minuman gratis saat mengantre.

“Kita melihat antusiasme masyarakat Kabupaten Tangerang dalam membayar pajak kendaraan itu tinggi sekali. Dari jam 7 pagi mereka sudah banyak mengantre. Jadi kita sediakan Kopi, Teh dan snack untuk mereka. Jadi mereka bisa sambil minum teh atau kopi gratis saat menunggu antrean,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendapatan Daerah (UPTD) Samsat Balaraja, saat dijumpai awak media bersama para wajib pajak.

Selain menyediakan minuman berupa teh dan kopi, serta snack gratis, fasilitas lain juga didapatkan pelanggan wajib pajak tersebut. Ruangan yang nyaman dan full AC akan memanjakan para pelanggan wajib pajak saat menunggu.

Tidak hanya itu, ruang yang nyaman, luas dan area yang bersih juga disediakan untuk menghilangkan rasa bosan saat menunggu antrean. Sehingga wajib pajak bisa merasa senang dan nyaman sembari menunggu pelayanan diberikan.

“Di dalam ini ada ruang full AC, jadi nyaman untuk menunggu. Di luar juga ada smoking area (area merokok). Selain itu, kita sediakan juga ruang anak (area bermain), jadi pelanggan wajib pajak silahkan menikmati fasilitas yang kita sediakan saat melakukan pembayaran,” ungkapnya.

Selain fasilitas yang nyaman, juga sebagai pusat informasi bagi pelanggan wajib pajak. Satu buah personal computer (PC) disediakan untuk pelanggan wajib pajak agar mereka dapat mengecek jumlah besaran wajib pajak yang harus mereka bayarkan. Selain itu, mereka akan didampingi oleh duta pajak yang akan melayani mereka.

“Kita sediakan satu buah PC untuk mereka agar bisa mengecek berapa nominal pajak yang harus mereka bayar. Di sini juga ada duta pajak yang akan mendampingi mereka untuk menjelaskan persyaratan dan sebagainya, serta akan di dampingi para petugas samsat balaraja untuk membantu dan mempermudah wajib pajak,” tegasnya.

Tak hanya itu, di kegiatan jum’at berkah M.Ali Hanafiah juga memberikan santunan kepada anak yatim, tujuannya merupakan wujud kepedulian UPT PPD Samsat Balaraja yang selama ini sudah rutin dilaksanakan.

“Selain sebagai wujud kepedulian, melalui santunan anak yatim tersebut, pihaknya berharap kepada anak yatim untuk mendoakan kepada Allah SWT agar target pendataan Samsat Balaraja dapat terlampaui dan mencapai target,” pungkasnya.

Dirinya memiliki esensi yang kuat untuk terus menebar berkah dengan berbagi kebaikan dan segala amal jariyah, yang bisa memberikan ganjaran pahala.

Pemberian santunan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap anak-anak yang kurang beruntung. Apalagi hari jum’at adalah momentum untuk berlomba dalam meningkatkan ibadah, salah satunya berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan.

“Anak yatim dan piatu adalah anak-anak yang spesial yang harus selalu kita sayangi dan kita perhatikan dan kita utamakan,” katanya.

Karena itu, Dirinya juga berharap, kegiatan hari ini yang dikemas secara ramah anak ini bisa memberikan kebahagiaan dan lebih mewarnai anak-anak di hari-hari yang mereka jalani, dengan memberikan kenangan yang menyenangkan dan akan selalu mereka ingat.

Sementara itu, Wajib Pajak Asal Cisoka Anis (25) mengapresiasi gagasan yang diluncurkan oleh Bapenda Provinsi Banten dan Samsat Balaraja tersebut. Menurutnya, fasilitas dan program tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran. Sehingga, untuk membayar pajak demi kesejahteraan masyarakat bisa dengan mudah dilakukan.

“Ini sangat bagus programnya (Jum’at Berkah dan Berbagi) Jadi antusias masyarakat dalam membayar pajak bisa lebih meningkat. Pajak inikan untuk masyarakat juga seperti himbauan Bupati Tangerang, bayar pajaknya, majukan daerahnya, sejahterakan masyarakatnya,” pungkasnya. (Mad Sutisna)