Bobby Nasution Lantik 111 Pejabat Administrasi, Termasuk 6 Camat dan 3 Kabag Setdako Medan

81

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik 111 Pejabat Administrasi di lingkungan Pemko, Jumat (8/9) di halaman tengah kantor wali kota. Sebanyak enam di antara pejabat yang dilantik camat dan tiga kepala bagian di Sekretariat Daerah Kota Medan.

Dalam pelantikan yang dihadiri antara lain oleh Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman, Sekda Wiriya Alrahman, Inspektur Sulaiman Harahap, para Asisten, kepala badan, kepala dinas, camat, dan lurah itu, Bobby Nasution menekankan agar camat dan lurah selalu melihat dan memerhatikan kondisi masyarakatnya.

“Harus sering-sering melihat warga. Masih ada di beberapa tempat masyarakat yang rumahnya tidak layak, makannya susah, dan ironisnya dia tinggal di dekat kantor camat dan lurah. Ini hal yang celaka,” ucap Bobby Nasution.

Orang nomor satu di Pemko Medan itu mengingatkan, camat dan lurah harus senantiasa memantau dan keliling agat mengetahui kondisi dan masalah yang sedang dialami masyarakatnya. Dengan memahami permasalahan yang sebenarnya terjadi, lanjut Bobby Nasution, akan ditemukan inspirasi dan jalan keluar yang tepat.

Bobby Nasution juga meminta camat dan lurah memerhatikan pekerjaan pemerintah, baik milik perangkat daerah Pemko, provinsi, pemerintah pusat, maupun BUMN. Kalau memang ada kendala, sebut Bobby Nasution meminta pimpinan wilayah, terutama lurah, segera membantu.

Kepada camat dan lurah, Bobby Nasution juga mengingatkan soal kebersihan wilayah. Dia menyebutkan kebersihan hak utama yang harus diperhatikan.

“Camat dan lurah, tolong perhatikan kebersihan wilayah jadikan salah satu fokus utama,” sebut Bobby Nasution.

Dia mengimbau camat dan lurah setiap hari memeriksa pekerjaan penanganan kebersihan. Hal ini, lanjutnya, untuk memastikan penanganan kebersihan di wilayah sudah berjalan dengan baik.

Beberapa hal lain yang diingatkan Bobby Nasution, selain kejelian camat dan lurah dalam melihat peluang di wilayah, juga proaktif untuk mencegah dan menangani stunting. Dia menegaskan, setiap camat dan lurah harus berupaya menurunkan angka prevalensi stunting di wilayahnya.

Sedangkan kepada pejabat yang ditempatkan di dinas-dinas, Wali Kota mengingatkan, agar bekerja sesuai dan program dan target yang telah ditetapkan di dinas yang bersangkutan.

Kepada seluruh pejabat yang dilantik, Bobby Nasution kembali mengingatkan agar tidak melakukan pungli dan korupsi. Wali Kota mengatakan, bukan hanya penegak hukum saja yang memantau, masyarakat juga mempunyai berbagai cara dalam mengawasi pekerjaan pejabat.

Pelantikan hari itu berlangsung dalam suasana tenang dan sakral. Mereka yang dilantik, kecuali menjadi camat, mengenakan pakaian adat tradisional.

Para pejabat yang dilantik antara lain Irfan Asardi Siregar menjadi Camat Medan Polonia, Muhammad Ilfan Camat Medan Area, T. Robi Chairi Camat Medan Barat, Yoga Budi Pratama Irawan Medan Belawan, Muhammad Pandapotan Ritonga Medan Perjuangan, Sutan Fauzi Arif Lubis Medan Tembung, Lilik Kabag Kerja Sama Setdako Medan, A Muhzi Kabag Organisasi, dan Subhan Fajri Harahap Kabag Tata Pemerintahan. (red)