Jembatan Handel yang Terletak Di Kecamatan Gunung Meriah Mengalami Kerusakan

78

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Dalam beberapa hari ini jembatan Handel yang terletak didesa Rimo, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, mengalami kerusakan sebab lantai yang terbuat dari plat baja bolong dan tak lagi kokoh sehingga menyebabkan truk colt diesel terperosok dan puluhan kendaraan terpaksa antre Jumat malam yang lalu.

Kepala Dinas PUPR Aceh Singkil Edwin Syahputra, ST, MM dikonfirmasi, Minggu (11/7/2021) melewati via seluler mengatakan kerusakan lantai jembatan tersebut akan diperbaiki agar para pengendara nyaman melintasi jembatan. Sedangkan untuk kesempurnaan jembatan, pekan depan akan dibahas bersama teknisi. Ucapnya.

Terkait dengan perbaikan jembatan Handel secara luas, Dinas PUPR telah merencanakan program dengan beberapa perusahaan dengan anggaran yang telah disepakati bersama.

Kemudian, lanjut Erwin pihaknya Pemda terus berupaya dan bergotong royong dengan perusahaan yang ada. akan tetapi, karena semua material harus diorder di Medan, inilah yang memakan waktu yang agak lama.

Dulu, lantai jembatan Handel ini terbuat dari kayu. Karena mengalami kerusakan, lima tahun belakangan diganti plat baja. Kalau jembatan ini dicor dan diaspal tidak memungkinkan karena bebannya semakin berat. Rangka jembatan bisa ambruk.

Erwin menerangkan, untuk menghubungkan ibu kota kabupaten dengan dua kecamatan, yaitu Kecamatan Singkohor dan Kecamatan Kuta Baharu dalam jangka panjang, pemerintah akan terus berusaha menganggarkan dana agar jembatan yang baru di samping jembatan lama bisa rampung tahun 2022 ini.

Dengan demikian jika pembangunan jembatan baru tuntas, kata Erwin, arus lalu lintas yang menghubungkan ibu kota Kabupaten Aceh Singkil dengan dua kecamatan serta perusahaan perkebunan yang berada di kawasan ini, bisa ditempuh dengan menggunakan dua jembatan, jembatan lama dan jembatan baru.

Mengenai ada keinginan masyarakat agar dilakukan perubahan konstruksi jembatan yang tidak lagi menggunakan lantai plat baja karena mudah lepas, Erwin Syahputra menjelaskan, konstruksi jembatan Handel saat ini hanya bisa menggunakan plat baja saja, tidak bisa dicor atau diaspal. Jadi tidak memungkinkan dicor atau diaspal. Memang konstruksi jembatan Handel sudah dibuat begitu.

Untuk itu, saya berharap Kepada pengandara yang melintasi jembatan agar lebih berhati-hati dan kurangi kecepatan kendaraan saat melintasi jembatan. Harap Erwin. (R84)