Cegah Tangkal Radikalisme, Ini Harapan Dandim 0117/Aceh Tamiang, Masyarakat Tidak Terpengaruh Kelompok yang Merusak Ideologi Pancasila

28

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Komandan kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M.Si., menghadiri acara deklarasi kampung tangguh Pancasila dalam rangka cegah tangkal radikalisme dan pengembalian nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat yang bertempat di depan halaman Kantor Datok Penghulu Desa Sidodadi, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang. Selasa (30/08/22).

Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M.Si., saat di Konfirmasi oleh penerangan kodim 0117/Aceh Tamiang usai kegiatan mengatakan Kami sangat menyambut baik serta mendukung atas di gelarnya kegiatan Deklarasi Kampung Tangguh Pancasila Dalam Rangka Cegah Tangkal Radikalisme Dan Pengembalian Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Kampung Sidodadi di Kecamatan Kejuruan Muda ini.

Lebih lanjut Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M.Si., Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa hanya bisa tetap hidup dan lestari jika telah memenuhi tiga syarat, yakni diyakini kebenarannya, lalu dipelajari, dimengerti, juga dipahami dan kemudian dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Dandim menambakan Para pendiri bangsa telah sepakat menjadikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, yang di dalamnya terkandung saripati nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu gotong royong yang menjiwai setiap sila-sila Pancasila. Sebagai contoh, dalam melaksanakan sila Ketuhanan Yang Maha Esa, sebagai orang Islam selain mesti menjalankan ibadah kepada Allah seperti solat dan puasa (Hablumminallah), kita memiliki kewajiban membayar zakat (Hablumminannas) guna menjaga keseimbangan ibadah. Selain ibadah personal, ada juga ibadah sosial sebagaimana zakat tadi,” pungkasnya.

Hadir pada acara tersebut Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, Mkn., Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, SIP, M.Si., Dosen UIN Ar-Raniry Wakil Ketua FPK dan anggota PPWK Aceh Dr. Kol ( Purn ) Ahmad Husen, MA., Kapolres Aceh Tamiang diwakili oleh Waka Polres Kompol Teuku Heri Herman, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang Agung Ardyanto, SH., Ketua Tim Densus 88/AT Mabes Polri Aceh Tamiang AKBP Bintoro Wisnu, Kepala Kesbangpol Kab. Atam Agusliayana Devita, S.STP, M.Si., Kasat Satpol PP Kab. Atam Oki Kurnia, S.STP., Ketua MPU Kab. Aceh Tamiang Syahrizal Darwis, MA., Kabag Humas Setdakab Atam Azwanil Fakhri, SST, M.I.Kom., Danramil 07/KJM Kapten Inf Nunu Rukmana, Kapolsek Kejuruan Muda AKP Sudirman, SE., Camat Kejuruan Muda Muhammad Farij, SSTP. M.SP, Datok Penghulu Desa Sidodadi Ponirun, Ketua Yayasan Sekolah Pesantren Al – Hidayah Yatimin, Para Datok Penghulu dan da’i Se – Kecamatan Kejuruan Muda dan Para masyarakat dan Santri sekolah Al – Hidayah. (ABS)