Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Menyambut Baik Tawaran Kerjasama Dari Gubernur Kepri

145

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, SE, MM., menawarkan peluang kerja sama kepada pemerintah Kabupaten Nias Barat, khususnya di sektor pariwisata untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Kepri, melalui sambutannya pada pengukuhan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia (PMNBI) Provinsi Kepulauan Riau, pada hari Sabtu (3/4/2023).

Dilansir dari niasbaratkab.go.id, menurutnya, Provinsi Kepri dengan Pulau Nias termasuk Nias Barat, memiliki karakteristik dan potensi yang sama sebagai daerah kepulauan.

“Saya tawarkan kepada Bapak Bupati, kalau bisa kita buat sister city antara pulau Bintan dengan Nias Barat. Karena di pulau Bintan banyak event internasional yang kita gelar dan dalam satu bulan kunjungan wisatawan asing ke Pulau Bintan rata-rata 1.500-2.000. Berbagai produk unggulan bisa kita sinergikan untuk kita pasarkan secara bersama-sama,” ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

Ia menjelaskan bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberi kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri. Walaupun, di masa Pandemi Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan di Provinsi Kepri mengalami penurunan yang sangat drastis yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi Kepri terkontraksi minus 3 persen. Tetapi dengan keberhasilan pelaksanaan vaksinasi dan berbagai program recovery yang telah dilaksanakan, saat ini pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri berada di atas rata-rata nasional.

Lebih lanjut, Gubernur Kepri mengatakan bahwa Ia dengan senang hati akan menfasilitasi terwujudnya kerjasama dengan Pemkab Nias Barat, bukan hanya dengan Kabupaten Bintan, tetapi dengan Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Kepulaun Riau. Ia bahkan mengungkapkan keinginannya, untuk berkunjung ke Nias Barat membahas lebih lanjut tawaran kerjasama dimaksud.

“Insyaallah, saya akan bantu fasilitasi kerjasama ini, bukan hanya dengan Bintan tetapi dengan Kabupaten/Kota lainnya. Saya bersedia datang ke Nias Barat untuk berdiskusi dan membahas lebih lanjut pengembangan ekonomi berskala pusat dan daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menyambut baik tawaran kerjasama dari Gubernur Kepri dan akan menindaklanjutinya bersama OPD terkait. Iapun berharap kiranya pengurus DPW PMNBI Provinsi Kepri dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkab Nias Barat, untuk mewujudkan kerjasama dimaksud.

“Saya mengapresiasi dan menyambut baik tawaran kerjasama dari Guburnur Kepri dan akan ditindaklanjuti. Mohon dukungan dan kerjasama dari semua pihak,” ujar Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu. (Wardiy)