Buntut Pecat Pekerja, Puluhan Omak-Omak Demo Pabrik Baja Growth Sumatera

869

Ket foto : Omak-Omak saat menggelar aksi demo di pabrik baja PT Growth Sumatera terkait banyaknya pekerja yang dirumahkan (foto,Abdul Halil)

MEDAN ketikberita.com | Buntut dari banyaknya putra daerah sekitar pabrik baja PT Growth Sumatera yang ‘dirumahkan alias dipecat’ puluhan omak- omak yang berasal dari dua Kelurahan yaitu Kelurahan Mabar dan Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli melakukan Demontrasi dengan menggelar aksi blokir jalan di pintu masuk pabrik baja PT Growth Sumatera yang berada di Jalan Kol.Yos Sudarso Km 9.5, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli, Senin (12/11) sekitar pukul 10.00 wib.

Dilokasi para pendemo yang di dominasi emak-emak ini memblokir jalan masuk kepabrik dengan cara berdiri didepan pintu gerbang. Akibat pemblokiran jalan tersebut, arus lalu lintas menjadi macet.Pasalnya puluhan truk pengangkut bahan material kepabrik baja tersebut parkir dipinggir jalan,lantaran tidak bisa masuk kedalam pabrik.

Dalam aksi demo tersebut, para omak- omak menuntut agar kepada pihak perusahaan kembali memperkerjakan warga sekitar yang dipecat pihak perusahaan.Karena semenjak suami atau anak mereka dirumahkan oleh perusahaan itu,prekonomian hidup jadi terancam.

“Kami menuntut, pihak perusahaan untuk mengembalikan pekerja yang mereka rumahkan. Lantaran semua itu warga yang tinggal disini,semenjak suamiku tidak diperkerjakan lagi di perusahaan ini,jadi terancam ekonomi kami,” kesal Nurainun Omak-omak asal Kelurahan Mabar.

Masih menurutnya, Nurainun mengatakan kepada crew media ini,”saya kecewa lantaran banyak anak-anak muda yang rata-rata berdomisili tinggal disekitar pabrik malah dirumahkan,”celotehnya.

Tambahnya,“ yang dirumahkan ini ada sekitar 50 orang pekerja,rata-rata baru dua bulan bekerja, dan semuanya anak- anak kami itu warga sekitar pabrik. Masak, malah keluarga kami yang dirumahkan, kitakan warga sini masak gak diprioritaskan,” ketusnya.

Setelah melakukan aksi, perwakilan warga akhirnya diterima untuk berdialog dengan pihak perusahaan.

Sementara itu, Jefri Humas PT. Growth Sumatera yang ditemui usai dialog dengan perwakilan omak-omak mengatakan, semua diserhakan dahulu ke Biro Jasa PT.Ogi Reza Mandiri sebagai penyalur tenaga kerjanya.

“Kita serahkan dulu ke perusahaan Biro Jasanya, baru nanti hasil dari sana kita laksanakan,” ucapnya sambil berlalu.

Sedangkan arus lalu lintas yang sempat macet, dapat berangsur lancar setelah personil dari Polsek Medan Labuhan dibawah pimpinan Wakapolsek Labuhan AKP Ponijo,S.Sos meminta warga untuk membuka jalan agar truk bisa keluar masuk, sehingga arus lalu lintas kembali lancar.(Abdul Halil)