Buka Pelatihan Jurnalistik SMSI, Bupati Sergai: Peran Media Sangat Penting Dalam Membangun Daerah

208

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya menghadiri sekaligus membuka kegiatan pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sergai, di Theme Park & Resort, Kecamatan Pantai Cermin, Senin (28/8).

Pelatihan yang mengangkat tema “Mewujudkan Jurnalis yang Profesional dan Berkuailitas” dengan menghadirkan dua narasumber yakni Ketua Forum Pemred SMSI Sumut Khairul Muslim, Kabid Pendidikan dan Pelatihan SMSI Sumut yang juga Redpel Waspada Online Agus Utama.

Dalam sambutannya Bupati Sergai, menyampaikan jika tema kegiatan pada hari ini sangat relevan dengan perkembangan dunia media terkini. Peran media siber menurutnya penting dalam membentuk opini publik, menyebarkan informasi, serta mempengaruhi pembangunan suatu daerah, membuat media memiliki dampak yang signifikan dalam era digital.

“Media memiliki peranan yang sangat penting dalam fungsi pengawasan, penyampaian informasi, dan kerjasama dalam membangun daerah. Oleh karena itu, diperlukan jurnalis yang profesional, etis, dan berkualitas dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Jurnalisme yang berintegritas adalah aset berharga bagi masyarakat dalam mengambil keputusan yang tepat serta bagi pemerintah dalam memahami kebutuhan rakyat,” jelasnya.

Untuk mewujudkan jurnalis yang profesional dan berkualitas, Darma Wijaya menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti, etika jurnalistik menjadi dasar dalam menjalankan tugas jurnalis. Prinsip-prinsip kebenaran, objektivitas, akurasi, dan menghindari konflik kepentingan dianggap langkah awal dalam membangun citra jurnalis yang kredibel.

Kemudian, lanjutnya, pengetahuan mendalam tentang berbagai topik menjadi penting. Seorang jurnalis harus memahami isu-isu yang berkembang di masyarakat agar informasi yang disampaikan tepat dan mendalam.

“Seorang jurnalis tidak hanya harus mahir dalam menulis, tetapi juga mesti memiliki keterampilan komunikasi lisan yang baik. Kemampuan berkomunikasi yang efektif akan memudahkan dalam mendapatkan informasi yang diperlukan. Kemampuan dalam memanfaatkan platform digital untuk menyampaikan berita dan informasi dinilai sebagai keahlian berharga,” jelasnya.

Darma berharap pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi semua peserta. Ia mendorong peserta untuk terus belajar dan mengembangkan diri sebagai jurnalis yang berkualitas, dengan mengedepankan integritas dan kualitas.

“Dengan kolaborasi yang baik, saya optimistis bahwa Kabupaten Sergai dapat lebih maju melalui informasi yang akurat dan bermanfaat, serta mewujudkan visi kabupaten yang Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua SMSI Kabupaten Sergai Zuhari, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut mendukung keberlangsungan acara ini.

“Apa yang kita laksanakan pada hari ini merupakan perwujudan keinginan bersama untuk meningkatkan kualitas jurnalisme, terutama media siber, sehingga ilmu yang diperoleh bermanfaat untuk masyarakat luas. Semoga melalui kegiatan ini kita mampu jadi wartawan yang profesional dan berkualitas,” harapnya.

Ketua SMSI Provinsi Sumut Erris J. Napitupulu mengutarakan jika pelatihan ini merupakan tahapan menuju pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Oleh karenanya, ia meminta para peserta bisa memanfaatkan momeny ini sebagai bekal untuk mengikuti kegiatan UKW mendatang.

“Jangan malu bertanya dan jangan malu pula untuk belajar dari para narasumber. Manfaatkan kegiatan pelatihan ini sebagai ajang menimba ilmu sebanyak-banyaknya,” pesan Erris.

Turut Hadir, Kadis Kominfo Ingan Malem Tarigan, Camat Pantai Cermin M. Fajar Kurniawan, Bendahara SMSI Sumut Agus Lubis, Wakil Ketua Organisasi SMSI Sumut Irwan Manalu, serta para peserta pelatihan. (red)