Pada Peringatan Hari Pangan Seduania Tahun 2018, BI Berikan Bantuan Kepada Kelompok Juli Tani

0
21

LUBUK PAKAM (Deliserdang) ketikberita.com | Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara Hilman Tisnawan pada acara peringatan Hari Pangan Sedunia ke-38 tingkat Kabupaten Deliserdang, Selasa (4/12/2018) digedung Balairung menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2018 berupa bantuan Sub Terminal Agribisnis (STA) kepada Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan, dan selanjutnya Bupati menyerahkan kepada Kelompok Juli Tani Kecamatan Beringin.

Pada rangkaian Hari Pangan Bupati H. Ashari Tambunan dan Pjs Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara Hilman Tismawan juga menandatangani prasasti pembangunan STA klaster cabe binaan Bank Indonesia.

Pada peringatan Hari Pangan Sedunia tersebut, Pjs Kepala perwakilan Bank Indonesia dalam sambutanya menyebutkan bahwa bantuan yang diberikan kepada kelompok Tani Juli, klaster binaan BI yang melakukan penanaman cabai.

Disebutkan Hilman, bahwa cabai merupakan komoditas yang paling banyak digunakan masyarakat Sumatera Utara dan fluktuasi harganya terkadang sangat tidak menentu, karena dipengaruhi oleh para pedagang yang tidak bertanggungjawab, sehingga sangat mempengaruhi tingkat inflasi di Sumatera Utara.

Oleh sebab itu Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara yang merupakan salah satu pimpinan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Sumatera Utara merasa berkewajiban untuk menstabilkan harga cabai agar tidak dipengaruhi pedagang yang terkadang mengambil keuntungan tidak wajar dari harga cabai tersebut, guna memutuskan mata rantai pendistribusian cabai yang terkadang menguntungkan pihak tengkulak, maka didirikanlah STA,”terang Hilman

Sedangkan Bupati Deliserdang dalam sambutanya mengajak masyarakat untuk terus melakukan inovasi dalam meningkatkan hasil produktifitas maupun penemuan baru demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan.

“Mari kita jadikan peringatan hari pangan sedunia ke-38 ini sebagai momentum untuk terus berinovasi dalam meningkatkan hasil produktivitas pangan, melalui pemanfaatan lahan, baik melalui intensifikasi maupun penemuan yang baru, demi terwujudnya kemandirian pangan dan ketahanan pangan secara berkelanjutan, sehingga Deliserdang menjadi sebagai salah satu penopang Indonesia menuju lumbung pangan dunia pada tahun 2045”, kata Bupati H Ashari Tambunan.(er)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here