Waka Babinkum TNI Terima Courtesy Call ICRC Regional Director For Asia And Pacific di Bali

185

BALI ketikberita.com | Wakil Kepala Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D. terima Courtesy Call International Committee of the Red Cross (ICRC) Regional Director For Asia and Pacific Christine Cipolla, bertempat Bali. Selasa, (22/11/2022).

Pada pertemuan tersebut dibahas tentang hubungan kerjasama Lokakarya Senior Workshop on International Rules Governing Military Operations (SWIRMO) yang sedang berlangsung di Bali dan juga rencana kerjasama ke depan antara ICRC dengan TNI.

Dalam kesempatan tersebut kedua belah pihak juga membahas tentang peningkatan kapasitas dalam hal Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan HAM serta isu penerapan hukum humaniter dan HAM di laut khususnya dalam menghadapi terorisme serta potensi konflik regional, yang penyelesaiannya perlu melibatkan berbagai negara.

ICRC dan TNI telah menjalin kerjasama di bidang diseminasi HHI selama lebih dari satu dasawarsa terakhir. Kerjasama yang telah diformalkan ini mencakup seminar, workshop dan penataran/diseminasi HHI serta prinsip-prinsip dasar humaniter di Iingkungan TNI. (r/red)