Update Data Wilayah Binaan, Babinsa Laksanakan Puldata Ter

216

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Guna mengetahui perkembangan di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil 15/Peureulak Barat Kodim 0104/Atim Serda Sugeng Riyadi melaksanakan Puldata Ter, guna memperbaharui Data Geo, Demo, Konsos di Kantor Geuchik Paya Gajah, Kecamatan Peureulak Barat, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (17/11/2021).

Pada Kegiatan ini, Babinsa bersama Sekretaris Desa melaksanakan pembaharuan administrasi data Wilayah.

“Puldata Ter yang dilakukan ini merupakan tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa, guna mengetahui kondisi dan perkembangan wilayah binaan melalui data Geo, Demo, Konsos”, “jelas Sugeng.

Danramil 15/Plkb Lettu Inf Syahrial menegaskan, tugas Babinsa adalah melaksanakan kegiatan kewilayahan, untuk mewujudkan ketahanan wilayah dan kemanunggalan TNI bersama rakyat. Salah satu upayanya yaitu dengan mendata wilayah binaan yang meliputi Geografi, Demografi maupun Kondisi Sosial secara berkala agar mengetahui perkembangan wilayah binaan.

Kepada Babinsa agar selalu aktif melaksanakan kegiatan Puldata Ter. Karena Data Teritorial penting bagi terlaksananya kegiatan pembinaan Teritorial sesuai program kerja Koramil, dan harus selalu diperbaharui agar mempunyai data terbaru tentang kewilayahan,imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan Puldatater tersebut, Babinsa harus dapat mempelajari serta menafsirkan situasi apapun yang akan dihadapi, juga dapat beradaptasi serta mengatasi masalah yang sedang terjadi. “Salah satu tujuan Puldatater adalah terbentuknya suatu aktualisasi diri pribadi, stabilitas sosial, tertib sosial, penerusan nilai-nilai lama dan baru di masyarakat. Sehingga dapat memupuk, membina dan memperluas kesadaran masyarakat, tukas Danramil.

Sementara itu Geuchik Paya Gajah Ilyas mengucapkan terima kasih kepada Koramil 15/Plkb khususnya Babinsa atas kerjasamanya yang sudah terjalin dengan baik selama ini. Terima kasih juga saya ucapkan dimana telah aktif dalam setiap kegiatan di desa, dan selalu menjalin komunikasi dengan perangkat desa dan masyarakat, tandasnya. (AA)