Sukamto Dorong Pemko Medan Segara Bangun Puskesmas di Kelurahan Tanjung Rejo

154

MEDAN ketikberita.com | Guna menunjang program Universal Health Coverage (UHC)Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) yang telah diluncurkan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution pada awal Desember 2023 lalu.

Pemerintah Kota (Pemko) Medan didorong membangun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Induk di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal.

Hal ini disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sukamto, Selasa (21/2/2023).

“Kita kerap mendengar keluhan masyarakat tentang ketiadaan Puskesmas Induk
di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal, padahal Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama,”ungkap Sukamto.

Dimana tambah Sukamto yang duduk di Komisi IV DPRD Medan tersebut, masyarakat yang akan menggunakan program UHC harus melakukan pemeriksaan di Puskesmas terlebih dahulu, sehingga keberadaan Puskesmas itu sangat diperlukan di daerah tersebut.

Selama ini menurut pengakuan warga kata Sukamto, jika ingin berobat ke Puskesman harus menempuh jarah yang cukup jauh.

“Untuk itu kita mendorong Pemko Medan melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan agar segera membangun Puskemas Induk seperti yang dikeluhkan warga Tanjung Rejo tersebut,”imbuh Sukamto. (er)