Serikat Pekerja Perkebunan (SP-Bun) PTPN III (Persero) Rayakan Ulang Tahun Ke-25 Tahun

109

MEDAN ketikberita.com | Serikat Pekerja Perkebunan (SP-Bun) PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Operasional Medan menggelar acara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 25
Tahun yang dilaksanakan di Gedung MICC Jalan Gagak Hitam, Medan, Senin, 30 Oktober 2022. HUT Ke-25 kali ini mengambil tema “Mari kita bangun hubungan industrial yang harmonis dan produktif untuk mewujudkan Perusahaan Sehat, Karyawan Sejahtera”.

Dirangkai dengan pelantikan bersama seluruh Ketua Basis Kebun dan Unit PTPN III (Persero) periode 2023-2028, dan Penandatangan Kesepakatan Bersama Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Perayan HUT kali ini dihadiri oleh Direktur SDM Holding Perkebunan Nusantara, Seger Budiarjo, SEVP Operation I, Yudhi Cahyadi, SEVP Operation II, Sudarma Bhakti Lessan, SEVP Bussines Support, Tengku Rinel, jajaran Kepala Biro/Bagian dan Pengawas Wilayah. Serta tokoh-tokoh SPBUN PTPN III (Persero) antara lain Serta Ginting dan Direktur PTPN XIII, Tio Handoko hadir bergabung dengan seluruh pengurus SP-Bun tingkat perusahaan dan basis Kebun/Unit.

Ketua Umum SP-Bun PTPN III (Persero) Operational Medan, Rina Tanjung menyampaikan bahwa Perusahaan maupun di Basis Kebun/Unit, agar terus belajar mengembangkan diri, serta selalu berupaya untuk merawat hubungan industrial yang harmonis dan produktif dengan manajemen.

“Hubungan kerja yang harmonis saja, tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan produktifitas kerja yang baik. Demikian pula halnya, jika hanya mengedepankan produktifitas, akan sangat berpotensi menimbulkan hubungan kerja yang kaku, mekanis dan tidak humanis. Sehingga masih dibutuhkan sikap kerja yang sarat dengan nilai-nilai keselarasan, keseimbangan serta humanis atau memanusiakan manusia, demi terciptanya keharmonisan dalam bekerja”, Ujar Rina.

“Kepada seluruh Jajaran Pengurus SP-Bun PT Perkebunan Nusantara III (Persero) yang hadir disini, saya mengajak Mari bersama – sama dengan manajemen untuk tetap menjaga agar iklim kerja selalu kondusif sehingga apa yang kita cita citakan Perusahaan sehat karyawan Sejahtera dapat kita capai”, tutup Rina.

Di kesempatan yang sama, Direktur SDM Holding Perkebunan Nusantara, Seger Budiarjo menyampaikan, “Songsonglah hari depan kita yang lebih menantang, era ke depan yang ditandai dengan mekanisasi dan digitalisasi, itu adalah tantangan kita. Seperti Ketua Umum tadi sampaikan, Serikat Pekerja akan berada di garda terdepan untuk menggali produksi, untuk menjaga aset dan lain sebagainya. Itu adalah spirit yang sangat luar biasa”, ujar Seger Budiarjo.

Tak lupa, Seger Budiarjo memberikan pesan dan harapannya kepada Serikat Pekerja PTPN III (Persero) yang merayakan hari jadinya yang ke-25 Tahun. “Saya ucapkan terimakasih kepada Serikat Pekerja atas peran aktif dan terus konsisten menjadi mitra strategis manajemen. PTPN III sudah pada titik yang optimal sekarang, produktifitas kita naik, ini tidak lain merupakan peran Serikat pekerja.

Saya sangat bangga dengan itu karena tanpa semangat juang, kerja keras, integritas capaian produksi itu tidak bakal tercapai. Ini yang menyebabkan kami manajemen mempunyai tingkat optimisme yang tinggi bahwa ke depan PTPN Group mampu melalui rintangan yang memang tidak ringan.

Selamat ulang tahun, semoga menjadi media yang menyuarakan aspirasi karyawan dan berperan aktif dalam menyiapkan kader-kader yang berkualitas,” kata Seger Budiarjo.

Dalam gelaran acara HUT tersebut juga dirangkai dengan acara Ceremonial Pelantikan Serikat Pekerja dan Ketua Pengurus Basis Kebun dan Unit. Setelah sebelumnya sebanyak 56 basis SP-Bun melaksanakan Musayawarah Serikat Pekerja Tingkat Basis (Muserjatis) Ke VI untuk kepengurusan Periode 2023-2028. Ketua, Sekretaris dan Bendahara yang hadir merupakan pengurus baru yang terpilih dalam pelaksanaan Muserjatis Ke VI tersebut. (r/red)