Sat Lantas Polres Tebing Tinggi Edukasi Pelajar SMP Negeri 1 dan Pengguna Jalan Raya

27

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas, Satuan Lantas Polres Tebing Tinggi kembali menggelar public address kepada pelajar di SMP Negeri 1 dan pengguna jalan raya lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu (04/05/24) pagi ini dipimpin oleh Kanit Kamsel Ipda Robinsar Sitinjak dan diikuti beberapa orang personel Sat Lantas, dengan mengunjungi SMP Negeri 1, Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi.

Disini, petugas Sat Lantas memberi pelatihan kepada anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) tentang keselamatan berlalulintas kepada pelajar, agar selalu tertib berlalulintas dengan mematuhi peraturan lalu lintas, menggunakan helm berstandar SNI, tidak berboncengan lebih dari satu orang dan tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.

Petugas juga menyampaikan resiko bagi pengendara yang melanggar lalu lintas yang dapat membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan raya lainnya. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan anggota PKS dapat menerapkannya dilingkungan sekolah, sehingga pelajar dapat lebih disiplin lagi saat menggunakan kenderaan.

Selanjutnya petugas Sat Lantas melaksanakan patroli dan public address ke lokasi rawan akan pelanggaran lalu lintas dan rawan kecelakaan seperti di Jalan HM Yamin dan Jalan Sisingamangaraja Kota Tebing Tinggi.

Dilokasi ini petugas memberi teguran dan mengedukasi keselamatan berlalulintas kepada pemilik usaha barang bekas (botot), agar dalam membawa barang tidak melebihi kapasitas muatan kenderaan. Kelebihan muatan ini dapat membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan raya lainnya serta melanggar lalu lintas. (ar)