Polsek Padang Hilir Pastikan Keamanan Saat Ceng Beng Berlangsung

35

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Polsek Padang Hilir Polres Tebingtinggi memberikan pengamanan kepada masyarakat etnis Tionghoa yang sedang melaksanakan kegiatan sembahyang ziarah kubur (ceng beng), bertempat dikawasan perkuburan Tionghoa Jalan Ahmad Bilal dan Jalan Baja Kelurahan Tebingtinggi Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi, Sabtu (30/3/2024).

Pengamanan dipimpin Kapolsek Padang Hilir Akp Sulem Sigalingging selaku perwira pengawas dan Ipda Supriyadi selaku pengendali pengamanan serta diikuti beberapa personel Polres Tebingtinggi. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi peziarah dalam menjalankan ibadah ceng beng.

Kegiatan ini berlangsung dari pagi hari hingga sore hari menunjukkan pukul 18.00 WIB dengan jumlah peziarah sekitar 500 orang dengan ratusan kenderaan bermotor disekitar lokasi.

“Ritual Ceng Beng atau sembahyang kubur merupakan upacara perwujudan dari sikap masyarakat Tionghoa yang sangat mencintai dan menghormati leluhurnya, seluruh keluarga baik yang ada di Kota Tebingtinggi atau diperantauan berupaya untuk pulang dan melaksanakan ritual”, sebut Kapolsek.

Kapolsek juga memastikan keamanan selama pelaksanaan kegiatan ceng beng berlangsung dengan aman tanpa ada gangguan, lalu kegiatan ceng beng akan dilanjutkan pada puncak kedua hari Minggu. (ar)