Pemkab Nias Barat Berangkatkan kontingen Mengikuti Pagelaran Budaya Pada PRSU ke-49 Tahun 2023

237

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Menjelang keberangkatan kontingen Nias Barat mengikuti pagelaran budaya pada Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 Tahun 2023 yang akan tampil pada 1 Juli 2023, Pemerintah Kabupaten Nias Barat melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menggelar acara doa bersama di Aula Soguna ba Zato, Selasa (27/06/2023).

Acara doa bersama tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH., M.M., Asisten Setda, Kepala OPD, Pendeta dan seluruh kontingen yang mewakili Nias Barat pada PRSU dimaksud.

Sekda Nias Barat, Sozisokhi Hia dalam arahannya mengharapkan keikut sertaan Pemkab Nias Barat dapat membantu mempromosikan potensi daerah dan juga mendatangkan peluang investasi di Nias Barat.

“Barang-barang hasil UMKM dari Nias Barat berupa kuliner dan kerajinan tangan serta promosi potensi yang dimiliki Nias Barat seperti potensi pariwisata, kebudayaan, pertanian, kelautan, perikanan hingga potensi investasi daerah turut dipamerkan di Paviliun milik Kabupaten Nias Barat di Medan,” ujar Sekda Nias Barat.

Melalui pelaksanaan doa bersama sebelum keberangkatan kontingen, Sekda Nias Barat berharap panitia, para peserta dan seluruh crew yang terlibat diberikan kelancaran, kesehatan dan kesuksesan selama mengikuti kegiatan PRSU di Medan.

“Mari kita berserah kepada Tuhan agar diberikan kelancaran dalam perjalanan dan kesuksesan dalam penampilan Nias Barat pada PRSU,” ucap Sekda Nias Barat.

Sementara itu, Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.M., mengatakan bahwa keikutsertaan Pemkab Nias Barat di acara Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-49 Tahun 2023 menjadi langkah strategi bagi Kabupaten Nias Barat untuk mempromosikan kekayaan tradisi dan budaya kepada wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan mancanegara.

“Tujuannya untuk memperkenalkan identitas budaya kabupaten Nias Barat, upaya pelestarian kebudayaan daerah melalui pentas seni, sarana edukasi bagi generasi milenial serta memberikan ruang bagi pelaku usaha UMKM,” jelas Imelda.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa pada PRSU ke-49 Tahun 2023, Nias Barat akan menampilkan Tarian Bumi Aekhula yang dibawakan oleh 30 orang penari Putra/Putri Nias Barat, yaitu Tari Faritia Halu, Tari Moyo, Tari Baluse dan Tarian Folaya Saembu. (Wardiy)