Pemasangan U-Ditch di Lingkungan Curug, Merusak TPT

239

SERANG (Banten) ketikberita.com | Proyek pembangunan saluran drainase jenis U-ditch di kelurahan Curug,lingkungan Cigemuk kecamatan Curug,kota Serang terpantau minim pengawasan dari konsultan dan pelaksana proyek dan di duga merusak tembok penahan tanah ( TPT) jalan lingkungan setempat.

Dari hasil monitoring beberapa kali di lokasi kegiatan pemasangan drainase U-ditch, pekerja tidak dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) seperti safety boots, rompi, dan helm. Papan Informasi Pekerjaan (PIP) terpasang setelah pekerjaan berlangsung dua hari, dan itupun karena ada teguran.

Kurangnya pengawasan dan arahan dari pihak terkait mengakibatkan TPT yang berada pada sisi jalan menjadi rusak, tergerus oleh galian alat berat (excavator-red).

TPT hancur terkena kegiatan pemasangan U-ditch.

Pada kesempatan sebelumnya pekerja yang berada di lokasi kegiatan menuturkan mereka belum menerima APD.

“Pekerjaan sudah berjalan 2 hari tapi untuk sepatu boots, helm, dan rompi kami belum menerima, papan proyek juga belum ada”, Ungkap pekerja.

“Kita kerja borongan per meter 35 ribu, untuk galian tingginya 50 centi meter, lebar bawah galian 30 centi meter”,Terangnya.

Dikonfirmasi melalui telepon seluler Apang, pelaksana proyek menyatakan APD ada dikontrakkan, untuk papan proyek terpasang di ujung pos ronda.

“APD mulai dari safety boots, rompi, dan helm ada di kontrakan dan papan informasi proyek (PIP) ada di dekat pos ronda ujung., Insya Allah ya kang kita ketemu besok, duduk bareng sambil ngopi”,Terang Apang diujung teleponnya, Selasa (13/09/2023).

Kondisi TPT yang rusak akibat dari kegiatan pemasangan Uditch menuai ketidaksukaan warga setempat.

“Ya coba lihat, ni mah hancur TPT, di benerin lagi nggak ya,? soalnya nya kalau tidak di benerin lagi mah bisa longsor, jangan sampai ngebangun saluran air,yang lainnya di rusak”,Ucap warga, Kamis (14/09/2023).

Sampai berita ini tayang, Apang dari pihak pelaksana yang sebelumnya siap datang ke lokasi ternyata janji palsu belaka.

Dan perlu untuk diketahui proyek pembangunan saluran air Drainase jenis U-ditch di biayai oleh APBD kota Serang tahun anggaran 2023.dengan nilai kontrak: 338.485.000 Nomer kontrak; 620/02/sp/PPK/e-katalog/perkim-DPKP/2023.

Tanggal kontrak: 11 Agustus 2023. Waktu pelaksanaan: 90 hari kalender yang di kerjakan oleh CV ARDI ROBATH ABADI Konsultan pengawas: PT. RINJANI JASA CONSULTANT, namun dalam pelaksanaan nya di duga asal pasang. (TIS)