Pangdam I/BB Hadiri Penganugerahan Gelar Dato Panglima Laksmana Diraja kepada Kasal

84

MEDAN ketikberita.com | Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan menghadiri acara penganugerahan gelar Kehormatan Adat Kesultanan Deli kepada Kasal, Laksamana TNI Muhammad Ali yang digelar di Balairung Istana Maimoon, Jl Brigjen Katamso Medan, Senin (16/10/2023).

Gelar Dato Panglima Laksamana Diraja tersebut diberikan secara langsung oleh Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam yang merupakan Sultan Deli ke XIV.

Pengukuhan gelar kehormatan adat ini diberikan atas keberhasilan Laksamana TNI Muhammad Ali yang saat ini memimpin TNI Angkatan Laut dalam menjaga keamanan serta kedaulatan laut Indonesia.

Kasal yang menerima gelar kehormatan Kesultanan Deli ini mengaku sangat terhormat, karena Kesultanan Deli merupakan entitas yang begitu masyur sebagai pelaku utama dalam perjalanan sejarah kejayaan maritim nusantara.

“Lokasinya yang strategis dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka telah menjadikan Deli sebagai salah satu entitas penting yang selama berabad- abad menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi dan peradaban ekomoni maritim dari nilai-nilai terdahulu yang begitu pesat,” ujarnya.

Kasal menambahkan penganugerahan gelar ini memberikan konsekuensi kepadanya untuk menjaga marwah dan kehormatan adat melayu serta mencurahkan perhatian guna meningkatkan keamanan wilayah perairan sekaligus berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Upaya tersebut dilaksanakan melalui pembangunan sektor kelautan secara sinergi bersama jajaran kesultanan dan pemda,” tambahnya.

Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam dalam sambutannya mengatakan, pemberian ini bukan merupakan pemberian secara pribadi, melainkan pemberian secara institusi, dalam arti siapapun nanti Kasalnya secara otomatis akan diberi gelar tersebut, karena beliau merupakan Panglima Laksamana Laut, jadi pemberian ini dinamakan Panglima Laksmana Diraja, beliau menjadi bagian dari masyarakat Melayu, yang berjuang menjaga keamanan NKRI di wilayah Kelautan.

“Kami Kesultanan Deli, memberikan gelar kepada Kepala Staf Angkatan Laut, Bapak Laksamana TNK Muhammad Ali, dengan gelar Dato’ Panglima Laksmana Diraja,” ucap Sultan

Turut hadir dalam acara, Danlantamal I Belawan, Wakapoldasu, Danlanud Soewondo, unsur Forkopimda, serta Ketua Persit KCK PD I/BB, Ketua Jalasenastri Korcab I DJA I Lantamal I Belawan, Wakil Ketua Bhayangkari Poldasu, dan tamu undangan terhormat lainnya. (r/jae)