Mengaku Nabi Umat Muslim dan Videonya Viral di Facebook, Akhirnya Pria Ini Diamankan Polres Tebingtinggi

36

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Beredar luas video viral seorang pria mengaku Nabi yang diutus untuk umat Muslim yang telah diunggah di akun sosial media Facebook dengan nama profil Nabi Jannes milik seorang pria yang mengaku bernama Jannes Kilon Diaz. Video viral itu diunggah pada Selasa (19/3/2024).

Video yang diunggah berdurasi sekitar 1 menit 30 detik itu, diduga dibuat oleh pemilik akun Nabi Jannes, dengan lokasi persis seperti di Lapangan Golf Perkebunan PTPN IV Kebun Pabatu, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Beragam komentar miring dan pedas membanjiri halaman akun Nabi Jannes, dimana sebelumnya, di akun yang sama terdapat unggahan caption bertulisan “Islam sedang dalam proses ’Asimilasi’ sesuai dengan perintah yang kita terima bersama pada tanggal 19 Februari tahun 2021 menjelang petang, mohon doanya yang terbaik,” tulis pemilik akun Nabi Jannes.

Lantaran viral, video itu menjadi sorotan hingga dibanjiri komentar miring oleh warganet, terutama warga muslim Kota Tebingtinggi yang saat ini sedang menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan. Tak sedikit akun yang akun yang menandai/men-tag Polres Tebingtinggi untuk meminta agar si pemeran sekaligus pemilik akun Nabi Jannes segera ditangkap dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dikonfirmasi media via WhatsApp seluler, Kasat Intelkam Polres Tebingtinggi AKP Suparmen mengungkapkan telah mengetahui adanya video viral dimaksud.

”Ya, kita telah mengetahui dan saat ini pria pemilik akun Nabi Jannes itu telah diamankan di Mako Polres Tebingtinggi dan sedang menjalani proses pemeriksaan terkait video viral yang diunggahnya itu,” Kata Kasat Intel menjelaskan. (ar)