Konsisten Berdayakan Perempuan Pesisir Di Pantai Labu, Patimah Raih Gender Champion 2022

289

DELI SERDANG (Sumut) Ketikberita.com | Patimah meraih penghargaan Gender Champion 2022 dari Bupati Deli Serdang pada Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 di Balairung Pemkab Deli Serdang, Rabu (21/12/2022).

Penghargaan tersebut diraih karena sejak Tahun 2006 Patimah berhasil melakukan intervensi dibidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan menginisiasi pendirian Lembaga PAUD di 13 (tiga belas) desa dan memberikan akses layanan pendidikan non formal bagi perempuan yang buta aksara hingga melek aksara dan bermacam jenis keterampilan seperti menjahit, membuat anyaman lidi sawit, membuat kue basah yang hilirnya dapat menciptakan nilai ekonomi untuk membantu perekonomian keluarga serta memiliki Ijazah yang setara lewat pendidikan kesetaraan di PKBM Cendana.

Penghargaan yang saya terima merupakan tanggungjawab agar dapat terus berkarya melakukan upaya meningkatkan peran perempuan dalam segala aspek kehidupan, terkhusus mendorong partisipasi perempuan dalam pembangunan sumberdaya manusia guna menghadapi perkembangan zaman yang semakin canggih”. Tandasnya

Perempuan harus jadi lentera bagi keluarga, menjadi Arsitek kemajuan bagi generasinya tanpa melupakan kodratnya”. ujarnya bersemangat

Selain Patimah pemberian penghargaan Gender Champion oleh Bupati Deli Serdang juga diberikan kepada tokoh-tokoh yang dianggap memiliki komitmen mewujudkan kesetaraan gender di Kabupaten Deli Serdang, antara lain Prof Dr Ir Abdul Rauf, KH Amir Panatagama SPdI, Drs Hj Sa’adah Lubis, Dahlia Br Ginting, Erika Rosmawati, Jamiatun, Lisma Kurniawati, Muhdi SAg, Nursalis Nasution, Rafika Johani, Sri Rahayu dan Zuliana.

Bupati juga memberi apresiasi kepada organisasi perempuan atas dukungan layanan gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting, yakni Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang, Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0204 DS, Ketua Aisyiyah Deli Serdang, Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama Deli Serdang, Ketua Adhyaksa Dharmakarini Kejari Deli Serdang dan juga penghargaan lain di bidang PKK, P3A-P2KB dan kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan pemberian penghargaan ini, bias menjadi motivasi bagi perempuan-perempuan hebat Kabupaten Deli Serdang untuk terus berprestasi dan menorehkan inovasi demi kemajuan pembangunan yang lebih baik dan berketahanan keluarga,” harap Bupati. (As)