Kejuaraan Bola Voli Wilayah V Kepulauan Nias Di Buka Oleh Bupati Nias Barat

55

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, membuka secara resmi pelaksanaan Kejuaraan Bola Voli Wilayah V Kepulauan Nias yang dilaksanakan di lapangan PBVSI Nias Barat, Sumatera Utara. Rabu (20/7/2022).

Bupati Nias Barat dalam arahan dan bimbingannya mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas ditetapkannya Nias Barat sebagai lokasi pelaksaan kejuaraan bola voli Pra Porprovsu 2022 wilayah V Kepulauan Nias yang diikuti oleh 4 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Pulau Nias.

“Atas nama Pemkab Nias Barat dan mewakili seluruh masyarakat Nias Barat, kami mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Pengurus PBVSI Provinsi Sumatera Utara. Hal ini tentu menjadi semangat baru bagi kami untuk terus berbuat yang terbaik dalam memajukan daerah ini ke arah yang lebih baik”, ujar Bupati.

Lebih lanjut Bupati Nias Barat mengatakan bahwa olahraga bola voli sudah populer di masyarakat untuk semua level dan kalangan, sekaligus memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa. Ia juga berharap kiranya kegiatan tersebut menjadi media dalam meningkatkan kualitas hidup, menjaga kesehatan dan kebugaran.

“Olahraga bola voli merupakan olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bola voli menjadi bagian dari olahraga pendidikan, prestasi dan rekreasi yang menanamkan nilai-nilai karakter bangsa bagi generasi muda yang membangun prestasi dan harga diri bangsa. Semoga kegiatan ini dapat menjadi media dalam meningkatkan kualitas hidup, menjaga kesehatan dan kebugaran”, ucapnya.

Bupati Nias Barat juga mengajak seluruh peserta kontingen yang bertanding agar mampu menjunjung sportivitas dan nilai etika dan estetika.

“Tunjukkan penampilan terbaik anda, manfaat kesempatan baik ini sebagai ajang pencarian bibit unggul generasi olahraga Sumut. Apapun hasilnya mari terima dengan lapang dada, yang menang semakin meningkat kemampuan dan yang kalah agar tidak berkecil hati melainkan terus bersemangat mengoptimalkan kemampuan dan bersiap untuk kejuaraan -kejuaraan berikutnya”, Ujarnya.

Sementara, Ketua Pengurus Cabang PBVSI Kabupaten Nias Barat, Kevin Kaskarino Putranis Waruwu, SH melaporkan bahwa penetapan Nias Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan bola voli wilayah V Kepulauan Nias merupakan kesepakatan Pengprov PBVSI Sumatera Utara bersama Pengcab PBVSI Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias.

Kevin Waruwu juga menambahkan bahwa, kejuaraan bola voli tersebut terlaksana atas kerjasama dan dukungan Pengprov PBVSI Sumatera Utara, Pengcab PBVSI Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias dan juga dukungan penuh pemerintah Kabupaten Nias Barat.
Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan kejuaraan bola voli wilayah V Kepulauan Nias, bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan olahraga bola voli. Selain itu, kejuaraan bola voli juga merupakan ajang seleksi antar daerah se Kepulauan Nias yang akan diutus untuk mengikuti kejuaraan antar wilayah maupun di tingkat Nasional.

Ketua KONI Kabupaten Nias Barat mengajak seluruh masyarakat Nias Barat untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kejuaraan bola voli yang diikuti oleh seluruh perwakilan Kabupaten/Kota se Kepulauan Nias. Ia juga berharap agar masyarakat Nias Barat dapat menjadi tuan rumah yang baik, menjaga kebersamaan dan kekompakan serta menghindari hal-hal yang tidak terpuji.

Juga, Erwinus Laia sebagai Ketua Pengcab PBVSI Nias Selatan, dalam sambutannya mewakili PBVSI se-Kepulauan Nias mengungkapkan apresiasi dan kekagumannya terhadap dukungan Pemerintah Kabupaten Nias Barat untuk mendukung pemajuan dan pengembangan olahraga.

“Kami merasa kagum dan mengapresiasi dukungan Bupati Nias Barat dalam mendukung pengembangan olahraga di daerah Nias Barat. Hal ini patut ditiru oleh daerah lainnya di Kepulauan Nias”, ungkap Erwinus Laia.

Pada kesempatan itu Ketua Harian PBVSI Sumut, Basyarudin Daulay mengharapkan kiranya melalui kejuaraan bola voli wilayah V Kepulauan Nias akan menghasilkan atlet terbaik yang mewakili Sumatera Utara pada PON Tahun 2024.

“Dari kegiatan ini kita berharap akan muncul pemain voli putra dan putri terbaik yang mewakili Sumatera Utara pada PON XII Aceh-Sumut Tahun 2024 yang akan datang”, ungkap Ketua harian PBVSI Sumatera Utara yang akrab dipanggil Badai.

Setelah pembukaan secara resmi oleh Bupati Nias Barat, dilanjutkan dengan pertandingan bola voli, yaitu Tim Putra Nias Barat berhdapan dengan Tim dari Kabupaten Nias. Sedangkan Putri, Tim Nias Barat berhadapan dengan Tim dari Kota Gunungsitoli.

Pertandingan bola voli putri dimenangkan oleh Tim Nias Barat dengan skor 3-0, sedangkan hasil pertandingan putra antara Nias Barat dan Nias draw, dengan skor 2-2. Dan mengingat jam sudah menunjukkan pukul 18.45 ditambah cuaca yang kurang mendukung pertandingan dilanjutkan, maka atas kesepakatan kedua Tim, pertandingan antar Nias Barat dan Nias diulang pada hari Jum’at yang akan datang. (Wardiy)