Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemko Medan Perkuat Fungsi Trantib

77

MEDAN ketikberita.com | Dalam rangka menyambut perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pemko Medan meningkatkan fungsi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan. Tujuannya ialah guna menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) di kota Medan.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat koordinasi dalam rangka kesiapan menjaga Trantibumlinmas di kota Medan yang dipimpin Wali Kota Medan, Bobby Nasution diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Ferri Ichsan di Balai Kota, Jum’at (15/12).

Dihadapan para peserta rapat yang terdiri dari Kepala Seksi Trantib Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Medan, Ferri Ichsan mengatakan rapat ini bertujuan untuk lebih memperkuat fungsi dari trantibum. Sebab menurutnya jabatan Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan seharusnya menjadi mata dan telinga Pemko Medan yang memiliki tanggung jawab dalam mendeteksi dini dan mencegah timbulnya hal-hal yang dapat mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

“Sebagai Kepala Seksi yang menjabat  fungsi Trantib harus mengetahui tugas pokoknya, karena sebuah kota dikatakan baik apabila kota tersebut dalam kondisi aman, tertib dan nyaman bagi masyarakat,”kata Ferri Ichsan.

Disamping itu, Ferri Ichsan juga mengatakan ditengah pembangunan infrastruktur kota yang secara masif terus dilakukan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, peran Kasi Trantib sangat penting untuk mensosialisasikan pembangunan ini kepada masyarakat agar masyarakat mengetahuinya.

“Jangan kita biarkan masyarakat bertanya-tanya dan tidak merasakan kehadiran Pemerintah,”ujar Ferri Ichsan.

Karena itu dalam rakor yang juga dihadiri sejumlah pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemko Medan diantaranya Kasat Pol PP, Rakhmat Adisya Putra Harahap, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Muhammad Yunus, Kepala BKPSDM, Sutan Tolang Lubis, Kaban Kesbangpol, Andy Mario Siregar dan Camat Sekota Medan ini, Ferri Ichsan ingin melalui rapat koordinasi yang berlangsung fungsi dan peran Kasi Trantib yang ada di Kecamatan dan Kelurahan dapat semakin ditingkatkan lagi.

Sementara itu Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat Adisya Putra Harahap mengatakan setiap permasalahan yang ada di wilayah harus terdeteksi dan dapat dicegah sedini mungkin. Disinilah peran dari Kasi Trantib diperlukan agar cepat melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah lainya.

“Kita ingin terjalin kolaborasi yang intens antara Kasi Trantib, Kepling dengan petugas Perangkat Daerah, sehingga apabila terjadi suatu kejadian dapat segera diatasi bersama,”pungkas Rakhmat Adisya Putra Harahap. (red)