Ikuti Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Ratusan Siswa di Kota Tangerang jadi Agen Pencegahan Kenakalan Remaja

99

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Ratusan pelajar dari SMA/SMK se-Kota Tangerang telah sukses mengikuti kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila 2023 selama dua hari di Yonif 203/Arya Kemuning Tangerang.

Dalam penutupan kegiatan yang berlangsung di Atrium Petarung Kuda Putih, Sabtu, 11 November 2023, ratusan siswa-siswi tersebut melakukan deklarasi anti tawuran maupun bahaya kenakalan remaja lainnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto mengatakan, Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini merupakan kegiatan yang digelar kedua kalinya di Yonif 203/Arya Kemuning Tangerang.

“Alhamdulillah di 203 ini luar biasa sekali kita memberikan pendidikan disiplin dan pembelajaran-pembelajaran kaitan dengan bahaya tawuran, asusila, dan lainnya,” ujarnya saat diwawancarai.

Menurutnya, Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang disisipkan dengan deklarasi ini efektif dalam menekan maupun mengurangi kenakalan pelajar.

“Untuk itu kami berupaya semaksimal mungkin meminimalisir tawuran pelajar salah satunya dengan deklarasi pelajar atau penguatan profil pelajar pancasila,” imbuhnya.

Setelah mengikuti Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini, kata Turidi, ratusan siswa ini akan menjadi agen dengan memberikan informasi positif kepada pelajar lainnya di sekolah dalam rangka meminimalisir kenakalan remaja.

“Kita berharap materi yang sudah diberikan oleh instruktur ini bisa menjadi bahan mereka untuk bisa melaksanakan di tengah-tengah pelajar. Dan hari ini 900 orang pelajar memberikan informasi positif, pencegahan secara dini, melalui mereka kita libatkan,” jelasnya.

Wadansatgas Yonif Mekanis 203/Arya Kemuning Mayor Inf Rully Pandjaitan mengungkapkan, pihaknya sangat bangga dengan adanya kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini dalam rangka membentuk karakter siswa-siswi di Kota Tangerang agar menjadi disiplin.

“Sehingga mampu menghindari kegiatan negatif yang bisa merusak generasi bangsa,” ungkapnya.

Selama mengikuti kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila, katanya, para peserta dibekali beragam materi terutama terkait wawasan kebangsaan.

“Untuk materi banyak yang kita berikan termasuk wawasan kebangsaan, wawasan yang meningkatkan sejarah tentang Indonesia bahwa Indonesia ini negara yang merupakan para pejuang-pejuang yang sangat mampu memberikan contoh buat generasi muda, agar kedepannya Indonesia menjadi lebih baik,” katanya.

Inisiator kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kota Tangerang 2023, Endah Resmiati menuturkan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk penajaman karakter para pelajar supaya bisa memiliki sikap etika dan budaya yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Jadi dengan adanya kegaiatan ini mereka terlatih tentang kedisiplinan, menghargai waktu, dan lainnya, semuanya itu tujuannya meningkatkan karakter dia sehingga kedepannya mereka menjadi orang-orang atau anak-anak yang berkualitas dan harapannya adalah mengurangi kegiatan-kegiatan negatif,” tuturnya.

Dia menyebut, melalui kegiatan ini para siswa dari berbagai sekolah bisa saling mengenal sehingga dapat meminimalisir tawuran. “Karena di sini ini sesama SMA/SMK dengan harapan mereka saling silaturahmi, saling kenal, sehingga kalau ada hal-hal yang memantik, mereka tidak terpengaruh.”

Sementara itu, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan sangat mendukung adanya kegiatan ini. “Kami sangat mendukung terutama dengan pelajar profil ini untuk mengurangi bullying, kenakalan remaja, tawuran, karena sekarang ini sangat marak,” kata Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Tangerang Eni Nurhaeni. (mir)