Harmoni Dengan Masyarakat, Anggota DPRD Asahan TRI Astuti, SE, Sukses Tampung Aspirasi, dalam Reses Tahap II Tahun 2023

218

ASAHAN (Sumut) ketikberita.com | Serangkaian agenda kerja anggota DPR diluar gedung parlemen rakyat atau yang dikenal dengan istilah Reses, di lakukan oleh Tri Astuti, SE, anggota Komisi A DPRD Asahan, politikus Partai Perindo. Acara di gelar di Dusun IV Desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan, Kabupaten Asahan, Kamis, (16/03/2023), sekira jam 09.00 wib.

Awal acara, kata sambutan, Camat Aek Kuasan, Yang Diwakili Lurah Aek Loba Pekan, Daniel Efendi Siagian, mengatakan ” Kami dari pihak Pemerintah Kecamatan Aek Kuasan, mendukung sepenuhnya giat Reses Ibu Tri Astuti, SE ini, kami berharap akan tercipta harmoni antar warga dan wakilnya di DPRD, untuk menampung Aspirasi Warga Masyarakat akan haknya, dan menjadi kewajiban Ibu Dewan, merealisasikan usulan aspirasi tersebut sesuai dengan kewenangannya, Pesan Daniel.

Acara berlanjut, memulai pidatonya, Politikus Wanita asal Aek Kuasan ini, dihadapan puluhan warga yang hadir, didominasi kelompok ibu ibu perwiridan, disambut antusias warga.

“Sebagai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) wakil rakyat di DPRD Asahan, yang berasal dari dukungan suara masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil 4) mencakup 6 (enam) Kecamatan Di Asahan Atas, ( Kecamatan Bandar Pulau, Aek Songsongan, Rahuning, Pulau Rakyat, Aek Kuasa dan Kecamatan Aek Ledong).

Kami dituntut untuk mampu menampung aspirasi masyarakat, Mendengarkan keluhan dan tantangan warga dalam menyikapi kompleksitas dinamika sosial,ekonomi, hukum dan budaya, dalam tatanan kehidupan bermasyarakat kekinian, kata Tri Astuti.

Masih kata Tuti, dalam momentum reses ini, saya sudah berada langsung dihadapan saudara dan teman teman semua.

Silahkan, dalam sesi dialog interaktif nanti, kepada warga yang hadir, agar jangan ragu untuk menyampaikan seluruh aspirasinya, Saya akan catat dan menelaah semua yang diusulkan warga, untuk dapat kami jadikan input data dan/atau masukan , dalam membuat usulan hingga rumusan kebijakan, yang akan di sampaikan pada instrumen terkait, harapnya.

Dimana semua usulan yang masuk yang bersifat strategis dan prioritas, akan di teruskan,
Baik dalam rapat komisi, fraksi di internal DPRD, hingga kepada Bupati sebagai elemen pemerintah (eksekutif) maupun jajarannya di Dinas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), juga ke pemerintah kecamatan serta para Kepala Desa, sesuai dengan peraturan dan kapasitas bidangnya, tujuannya adalah semua persoalan maupun aspirasi tadi dalam segera diwujudkan, cetus tokoh politik wanita energik ini.

Dalam sesi dialog interaktif, sejumlah usulan warga tampak mengusulkan percepatan peningkatan sarana jalan , bantuan sosial kemasyarakatan, hingga perhatian pada fasilitas sarana pendidikan usia dini (PAUD dan TK), menjadi bagian yang menonjol di usulkan,

Dalam tanggapannya, Tri Hastuti, memaparkan bahwa ” terkait peningkatan sarana jalan sesuai dengan situasi lapangan dan usulan yang telah masuk dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten, hal itu akan terus dilanjutkan hingga ke tingkat hotmic.

Dapat di tinjau faktanya, bahwa di sejumlah ruas jalan di desa Aek Loba, Sengon Sari kec Aek Kuasan, hingga Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Ledong, terus ditingkatkan kualitasnya, dan hal itu menjadi bagian yang akan kita kawal dalam rapat paripurna APBD tiap tahunnya, Dengan pemerintah Kab. Asahan, terang Tuti.

Ditambahkannya lagi, demikian pula dengan sejumlah Bansos untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui Fasilitas pendidikan Usia Dini, Kelompok perwiridan, Sarana Sosial Keagamaan, juga akan menjadi perhatian kami selanjutnya, dan dalam proses teknisnya kita harus bersabar dalam tahapan pembangunan tiap tahun anggaran daerah Kab. Asahan, pungkas Tuti.

Hadir dalam Acara Reses ini, Camat Aek Kuasan yang Di wakili oleh Lurah Aek Loba, Kepala Desa Aek Loba, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, kelompok KKNT Masasiswa UNA, dan Tokoh masyarakat lainnya. (KBM)