Globalisasi Memajukan Pemasaran Pariwisata

352

Ketikberita.com | Dua decade ini perkembangan teknologi pada bidang teknologi komunikasi dan transportasi sangat cepat, sehingga membawa perubahan yang cepat pula pada globalisasi. Dengan globalisasi yang berkembang membangun hubungan ekonomi yang baik antar Negara dan region sangat mudah.

Sektor transportasi membawa perubahan pada pariwisata, yang merupakan kegiatan yang di fasilitasi oleh pengusaha, masyarakat, dan pemerintah.salah satu layanan yang di butuhkan pada pariwisata adalah jasa biro perjalanan wisata, dengan globalisasai yang di dukung perkembangan teknologi, sangat memudahkan pemasaran pariwisata dalam meningkatkan wisatawan lokal dan internasional, melalui teknologi jasa biro pariwisata dapat memasarkan jasa wisata ke seluruh dunia.

Bahkan Di beberapa kota di Indonesia seperti Yogyakarta, Bali, Bogor, Medan, Malang, hingga Bandung terdapat cukup banyak biro perjalanan yang beroperasi, karena banyaknya wisatawan yang ingin datang dan berlibur dikota-kota tersebut, tak dapat dipungkiri bahwa semua bidang pemasaran mengalami perubahan dan penyesuaian terhadap pengembangan teknologi digital.

Digitalisasi pemasaran pariwisata turut mengalami transformasi yang meliputi: (1) sumber daya digital, (2) struktur organisasi, (3) strategi pertumbuhan dan, (4) kinerja pemasaran wisata.

Transformasi digital mengacu pada proses menggunakan teknologi digital untuk menciptakan baru atau memodifikasi. Salah satu biro jasa perjalanan wisata yang sudah berhasil dalam meningkatkan pemasaran di era globalisasi adalah Yok kita Tour, dengan globalisasi, yok kita tour berhasil menjadi biro wisata perjalanan lokal dan internasiona.

Selanjutnya Retnaningtyas Susanti selaku Dosen Akademi Pariwisata Paramitha Bukittinggi melakukan penelitian mengenai Event Tour De Singkarak Sumatera Barat, Pemasaran dan Pariwisata yang Berkelanjutan.

Tour de singkarak merupakan nama sebuah ajang perlombaan balapsepedainternasional yang digelar oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat sejak 2009 silam, tujuanya di adakan kegiatan eevent tour de singkarak adalah untuk memajukan dan mempromosikan periwisata agar menarik minat kunjungan wisatawan lokal dan internasional, setiap tahun peserta dari Negara lain selalu bertambah, tetapi perolehan tersebut tidaklahberkelanjutan dan tidak dapat memenuhi prasayarat keberlanjutan.

Kemasan yang menarik harus didukung oleh kualitas yang terbaik, even TDS yang berlevel internasional diharapkan mampu memberikan dampak jangka panjang terhadap faktor ekononomi, sosial, dan lingkungan. (Ahmad Jaylani Siregar)

Oleh : Ahmad Jaylani Siregar Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.