DPRD Kota Tangerang Siap Dorong Pemprov Banten Fasilitasi SMA Inklusi

126

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Kebutuhan sekolah inklusi di tingkat SMA/SMK di Kota Tangerang mendapat respon dari Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Turidi Susanto. Dia mengaku akan berupaya mendorong agar Pemprov Banten memfasilitasi sekolah inklusi.

“Tahun ini di Kota Tangerang, ada ratusan siswa yang lulus sekolah inklusi tingkat SMP. Saya mendorong melalui PJ Gubernur Banten untuk memfasilitasi siswa berkebutuhan khusus yang lulus SMP untuk dapat melanjutkan ke jenjang tingkat SMA, kan SMA ranahnya di provinsi,” ujarnya, Kamis (11/5/2023).

Dia menambahkan, pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan DPRD Provinsi Banten untuk membentuk tim yang bertujuan untuk membuat perda tentang sekolah inklusi pada tingkat lanjutan SMA.

“Kita mendorong agar dibuatkan Perdanya supaya di Provinsi Banten untuk jenjang SMA diterapkan sekolah inklusi,” jelasnya.

Menurutnya, sekolah inklusi yang diperuntukkan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Kota Tangerang sudah diterapkan sejak tiga tahun lalu untuk tingkat taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP), sesuai dengan kewenangan Pemkot Tangerang.

“Kalau enggak salah ada 79 sekolah inklusi di Kota Tangerang. Terdiri dari 53 SD, 13 SMP, dan 13 TK. Dari 13 SMP sekolah inklusi, tahun ini ada siswa difabel yang lulus tahun ini,” ungkap Turidi.

Diinformasikan ada sedikitnya 119 murid ABK tingkat SMP Kota Tangerang yang akan lulus di tahun 2023 ini. Ratusan murid tersebut terancam putus sekolah karena ketiadaan sekolah inklusi tingkat SMA/SMK di Kota Tangerang. (mir)