Diumumkan, Timsel Umumkan 20 Nama Calon Anggota KPU Kota Tebing Tinggi Periode 2023-2028

127

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Tim Seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Gelombang 6 di Zona VI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) resmi mengumumkan hasil seleksi tes tertulis Computer Asisted Test (CAT) dan tes Psikologi calon anggota KPU Kota Tebingtinggi periode 2023-2028.

Hasil seleksi tersebut diumumkan timsel pada Senin (17/7/2023) malam, sekitar pukul 20.05 WIB, melalui portal website KPU Provinsi Sumut (sumut.kpu.go.id) dengan pengumuman nomor : 010/TIMSELKK-GEL.6-Pu/03/12-6/2023, yang dikeluarkan timsel calon anggota KPU Kabupaten/Kota gelombang 6 untuk zona VI Sumut, diantaranya Kota Tebingtinggi, Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan.

Pengumuman hasil seleksi tes tertulis dan tes psikologi itu ditandatangani ketua timsel yakni, Dr. Vita Cita Emia Tarigan, S.H, LL.M dan sekretaris Nelly Armayanti SP, M.SP. Dimana ada 20 nama dari masing-masing Kabupaten/Kota diumumkan secara serentak, termasuk 20 nama calon anggota KPU Kota Tebingtinggi yang telah lulus mengikuti seleksi tertulis yang digelar pada Kamis (6/7/2023) di Kampus Unimed Jalan Williem Iskandar Kota Medan dan tes psikologi pada Minggu (9/7/2023) lalu di Hotel Radison, Jalan Adam Malik, Kota Medan.

Sebanyak 20 nama calon anggota KPU Kota Tebingtinggi yang dinyatakan lulus tersebut, sebelumnya telah bersaing mengikuti tes tertulis dan psikologi. Dimana ada 59 peserta yang mengikuti seleksi dan hanya 20 peserta yang berhasil lulus dan akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, yakni tes kesehatan dan wawancara.

Berikut 20 nama calon anggota KPU Kota Tebingtinggi periode 2023-2028 yang lulus seleksi tes tertulis dan tes psikologi, diantaranya Eko Supriyanto, Elida Safariani, Emil Sofyan, Halda Qemlani Pane, Jhonni Sitompul, Juliana, Kurnia Rahman, Leonard Varera Tampubolon, M. Zen Agustar, M. Imam, M. Syahri Ramadhan Damanik, Muhammad Fadli Ilhami, Muhammad Iqbal, Nurhibah Rahmi Purba, Ridwan Napitupulu, S.H, Rudi Herwin, Sudarman, Syafrizal, Syaifuddin Okta Rambe dan Zulmy Ardiansyah.

Dari nama-nama yang lulus seleksi tertulis dan Psikologi hanya ada 3 nama anggota komisioner aktif yang lulus masuk ke tahapan seleksi kesehatan dan wawancara yakni Emil Sofyan dan Rudi Herwin dari komisioner KPU dan Halda Qemlani Pane dari komisioner Bawaslu. Sedangkan 2 komisioner KPU lainnya yakni Muklis Mochtar dan Johan Wahyudi serta Komisioner Bawaslu Harirayani gugur dalam seleksi tertulis dan psikologi bersama 36 peserta lainnya.

Selain itu, calon anggota KPU Ridwan Napitupulu, S.H merupakan mantan komisioner KPU periode 2013-2018, ia lulus ketahapan selanjutnya dan nama-nama calon lainnya merupakan anggota PPK, PPS, Panwascam dan dari latar belakang pekerjaan non penyelenggara namun ada yang aktif sebagai pengurus organisasi kemasyarakatan di Kota Tebingtinggi.

Selain itu, timsel juga mengumumkan bahwa ada dua rangkaian tahapan tes kesehatan yang digelar bagi 20 calon anggota KPU Kota Tebingtinggi yang tertuang dalam pengumuman tersebut, yaitu tes pemeriksaan kesehatan jiwa secara tertulis pada Selasa siang (18/7/2023) yang dimulai pada pukul 13.30 WIB, di Rumah Sakit TK. II, Putri Hijau, Jalan Putri Hijau, No.17, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota, Medan.

Selanjutnya, calon anggota KPU Kota Tebingtinggi kembali mengikuti tes pemeriksaan kesehatan umum serta pemeriksaan kesehatan melalui wawancara di rumah sakit Putri Hijau (rumah sakit yang sama dengan tes kesehatan sebelumnya) pada Minggu pagi (23/7/2023), tepatnya pukul 08.00 WIB.

Kemudian, calon anggota KPU Kota Tebingtinggi akan mengikuti tes wawancara yang telah dijadwalkan oleh timsel pada Selasa pagi (25/7/2023), dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, dengan lokasi tes di Hotel Grand Mercure Maha Cipta, Jalan Sutomo No. 1, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.

Pada tahapan seleksi kesehatan dan wawancara nantinya, timsel akan menjaring sebanyak 10 orang calon anggota KPU Kota Tebingtinggi dari 20 orang peserta seleksi, dimana nantinya 10 nama calon anggota KPU yang lulus tes kesehatan dan wawancara akan diumumkan timsel secara resmi sesuai jadwal yang ada yakni pada tanggal 29-30 Juli 2023, kemudian akan disampaikan ke KPU RI paling lambat tanggal 31 Juli 2023 dan 10 nama calon anggota KPU Kota Tebingtinggi akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper rest) oleh KPU RI.

Diakhir pengumuman, timsel juga menyampaikan bahwa menerima tanggapan masyarakat terhadap 20 nama calon anggota KPU Kota Tebingtinggi, indentitas anda akan dirahasiakan timsel dan tanggapan masyarakat ini dibutuhkan bagi timsel untuk mengetahui rekam jejak dari pada calon anggota KPU yang sedang mengikuti seleksi.

Untuk tanggapan masyarakat sudah dibuka sejak tanggal 16-21 Juli 2023. Kirimkan tanggapan anda dengan mengunduh formulir tanggapan yang telah disediakan di website sumut.kpu.go.id, kemudian kirimkan lewat email : timselsumut06@gmail.com atau dapat diantar langsung ke sekretariat Timsel yang beralamat di Karibia Boutique Hotel, Kota Medan. (ar)