Demi Kemanusiaan, TNI Hadir Membantu Masyarakat “Tidak ada Rotan Akar pun Jadi”

136

PUNCAK JAYA ketikberita.com | Personil Pos Ramil Yambi Satgas Yonif RK 115/ML bersama dengan beberapa masyarakat Yambi, yaitu Sdr. Fitianut Talenggeng, Sdr. Walime Talenggeng, Sdr. Dison Talenggeng dan Sdr. Yos Talenggeng serta dibantu beberapa anak-anak antusias melaksanakan gotong royong untuk memperbaiki jalan yang longsor menuju kampung Tinolok dan kampung Tirineri. Minggu (14/5/2023).

Dansatgas Yonif RK 115/ML memerintahkan Wadanpos Ramil Yambi Letda Inf Hidayat memimpin langsung proses perbaikan jalan yang mengalami longsor dan sebagian lainnya berlumpur dalam, sehingga menyebabkan kendaraan yang melintas, khususnya roda empat dapat terbenam di tanah berlumpur.

“Setelah Kami melintas dan mengalami langsung kendaraan dinas yang kami tumpangi terbenam di lumpur, kami langsung melakukan aksi dengan mengerahkan personel dari Pos Ramil Yambi untuk membantu proses evakuasi kendaraan sekaligus melakukan perbaikan dengan peralatan seadanya untuk memperbaiki jalan yang mengalami longsor dan berlumpur pada bagian lainnya agar dapat dilintasi oleh kendaraan lainnya dengan mudah dan tidak menimbulkan korban jiwa” demikian tutur Dansatgas Yonif RK 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita.

Perbaikan jalan yang dilakukan oleh personel Satgas Yonif RK 115/ML dari Pos Ramil Yambi dilakukan pada hari Minggu Pagi 14 Mei 2023 di jalan lintas Mulia – Yambi, tepatnya di Kampung Yambi yang berjarak +/- 200 meter dari Pos Ramil Yambi Satgas Yonif RK 115/ML. Berbekal peralatan seadanya berupa cangkul, sekop dan karung, personel dari Pos Ramil Yambi dibantu oleh masyarakat bergotong – royong memperbaiki akses jalan yang rusak, tanpa harus menunggu bantuan alat berat dukungan dari Pemerintah Daerah setempat. ” Tidak ada Rotan Akar pun Jadi “, demikian pepatah mengatakan.

Jalan yang menghubungkan distrik Mulia dan Distrik Yambi tersebut merupakan satu-satunya akses jalan yang dapat dilalui oleh masyarakat dari Distrik Mulia menuju Yambi dan sebaliknya. Sehingga keberadaan akses jalan tersebut menjadi vital bagi masyarakat dari kedua distrik tersebut sebagai jalur perekonomian dalam pendistribusian logistik dan jalur evakuasi bagi masyarakat yang membutuhkan perawatan medis di distrik Mulia.

Sdr. Fitianut Talenggeng, salah satu masyarakat Yambi yang ikut bergotong – royong menyampaikan terimakasih atas inisiatif yang dilakukan oleh aparat TNI dari Pos Ramil Yambi Satgas Yonif RK 115/ML, di mana baru-baru ini jalan mengalami kerusakan yang cukup parah, dampak dari turunnya hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah tersebut.

“Terimakasih bapak TNI sudah memulai perbaikan jalan yang longsor ini, semoga dengan perbaikan ini pendistribusian logistik masyarakat Yambi tidak terhambat lagi”. Demikian tutur Fitianut Talenggeng.

Selain ucapan terimakasih, masyarakat Yambi juga menyampaikan harapannya kepada Wadanpos Ramil Yambi.

“Kami berharap pemerintah daerah dapat turun tangan memperbaiki jalan sehingga dapat lebih memperlancar jalur transportasi dan roda perekonomian masyarakat Yambi semakin membaik.” Ujar masyarakat.

Di akhir kegiatan, Wadanpos mengajak masyarakat untuk makan bersama di Pos Ramil Yambi. (red)