Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga, Bupati : Upayakan Sergai Terbebas Dari Stunting

467

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Angka stunting di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) saat ini sekitar 20 persen, sudah turun dibanding kan beberapa tahun lalu yang mencapai 36 persen.

Bupati Serdang Bedagai,Darma Wijaya mengatakan pihaknya terus berupaya menekan angka stunting, dan pada 2024, angkanya diharapkan mampu ditekan menjadi 14 persen.

“Kita harus kerja keras, dua tahun ini stunting di Sergai harus turun 6 persen diangka 14 persen. Itu semua tentunya tidak terlepas dari peran serta bidan dan pendamping keluarga di Desa,”ungkap Bupati pada acara Apel Siaga Tim Pendamping Keluarga Nusantara Bergerak di aula Sultan Serdang, Kamis (12/5/2022).

Turut hadir Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan, Ketua TP PKK Rosmaida Darma Wijaya, sejumlah Kepala Dinas, Kabag, Camat dan pendamping keluarga.

Bupati menambahkan program penanganan di hilir yang selama ini dilakukan tentunya harus ditingkatkan.

“Tidak hanya di hilir, namun penanganan dihulunya juga harus dijalankan, peran serta bidan dan tim pendamping juga harus digiatkan demi mensosiali sasikan bahaya stunting,”jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan menambahkan bahwa kehidupan anak sejak awal kelahiran harus diperbaiki, terkhususnya konsumsi.

“Berikan pangan terbaik pada 1.000 hari pertama anak dengan gizi seimbang. Saya rasa, stunting tidak hanya di derita pada anak yang keluarganya kurang mampu, namun ada hal lain yang harus kita waspadai,”tambahnya.

Dengan semangat bergotong royong, dirinya yakin angka stunting di Serdang Bedagai dapat ditekan.

Sebelumnya Kepala DP2KBP3A, Helmi menjelas kan bahwa pihaknya telah membentuk Tim Pendamping Keluarga sebanyak 473 Tim dengan jumlah personil sebanyak 1.419 orang yang tersebar di seluruh Desa/Kelurahan.

“Untuk mendampingi keluarga beresiko stunting yaitu Remaja Putri/Calon pengantin (Catin) sebanyak 4.888 Catin dengan 2 kali pendampingan 12. 636 Ibu Hamil dengan 8 kali pendampingan, dan 12. 636 orang ibu pasca bersalin yang akan didampingi sebanyak 2 kali,”lapornya.

Kegiatan ini juga ditandai dengan penanda tanganan dukungan bersama penaganan stunting dan penyematan pin kepada Tim Pendamping Keluarga. (AfGans)