2 Tahun Tidak Lagi Berfungsi, Satgas Yonif 725/Wrg Perbaiki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Di Perbatasan Papua

195

BOVEN DIGOEL (Papua Selatan) ketikberita.com | Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 725/Woroagi Pos 3/B Tetop memperbaiki dan merenovasi serta menyediakan alat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk masyarakat perbatasan Papua tepatnya di Kampung Tetop, Distrik Iniyandit, Kab. Boven Digoel, Papua Selatan.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 725/Woroagi Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi, S.E., dalam release tertulisnya di Kab. Boven Digoel, Papua Selatan. Jumat. (14/7/23).

“Renovasi serta perbaikan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ini dilaksanakan dengan tujuan membantu masyarakat agar mendapatkan listrik untuk penerangan terutama pada malam hari, karena di Kampung Tetop sendiri tidak ada aliran listrik maka dari itu satgas yonif 725/Wrg berinisiatif menyediakan kembali Pembangkit listrik tenaga air (PLTA)”, ungkap Dansatgas.

Tak hanya itu, Dansatgas Letkol Inf Syafruddin juga mengatakan perbaikan dan perawatan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satgas pamtas RI-PNG Yonif 725/Wrg untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di kampung tetop.

“Penyediaan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ini merupakan salah satu kewajiban TNI yang tertera dalam 8 wajib TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya”, tutupnya.

Masyarakat Kampung Tetop terlihat sangat antusias dan sangat senang karena telah dibangunkannya pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dari personel Satgas Yonif 725/Woroagi.

“Saya Andreas iwonop Bamuskam kampung Tetop bersama masyarakat Tetop, mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada bapak2 TNI terkhusus Anggota Pos Tetop atas Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sehingga memberikan kami penerangan dari kegelapan selama kurang lebih 2 Tahun terakhir, semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi dan memberkati langkah bapak TNI, Hidup TNI, Merdeka”, imbuhnya.

“Kami juga sangat berterimakasih kepada Dansatgas khususnya satgas yonif 725/Wrg dengan adanya pembangkit listrik tenaga air (PLTA) kami masyarakat kampung Tetop merasa sangat terbantu karna kami bisa mendapatkan listrik untuk penerangan pada malam hari “, lanjutnya.

Untuk diketahui sebelumnya PLTA tersebut dibangun oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY pada tahun 2020, namun 2 tahun terakhir kondisinya sudah tidak berfungsi, atas inisiatifnya kemudian Satgas Yonif 725/Woroagi melanjutkan untuk memperbaiki PLTA tersebut demi penyediaan listrik khususnya penerangan malam untuk masyarakat Kampung Tetop, Distrik Iniyandit, Kab. Boven Digoel, Papua Selatan. (red)