Wali Kota Medan Bersama Ketua TP PKK Kota Medan Turun Langsung Meninjau Gotong Royong Massal di Medan Perjuangan

54

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan, Bobby Nasution bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution turun langsung meninjau gotong royong massal di Kecamatan Medan Perjuangan tepatnya di jalan Pelita VI, Sabtu (3/7).

Setibanya dilokasi Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu melihat langsung petugas yang sedang melakukan pengorekan drainase. Terlihat drainase sepanjang lebih kurang 500 meter ini telah mengalami pendangkalan akibat sendimentasi yang mengakibatkan saluran drainase tidak berfungsi normal.

Dengan menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan penggaruk, petugas P3SU Kec. Medan Perjuangan dan masyarakat bersama-sama membersihkan drainase tersebut dari sampah-sampah dan sedimen yang telah menumpuk.

Disela-sela peninjauan gotong royong tersebut, Bobby Nasution juga sempat berbincang dengan seorang wanita paruh baya yang mengeluhkan parit yang ada di sekitar rumahnya tersumbat. Mendengar hal tersebut, Bobby Nasution langsung menanggapinya seraya mengajak warga tersebut untuk bersama-sama menjaga kebersihan sehingga aliran drainase dapat mengalir sebagaimana mestinya.

Usai melakukan peninjauan pengorekan drainase, Bobby Nasution mengatakan kedatangan dirinya bersama Ketua TP PKK Kota Medan ke tempat tersebut untuk melihat jajaran Kecamatan Medan Perjuangan yang tengah melakukan kegiatan gotong royong yang biasa digelar rutin setiap minggu dengan mengajak ikut serta masyarakatnya berperan aktif dalam gotong royong tersebut.

Diungkapkan Bobby Nasution, memang yang bekerja saat ini masih banyak dari petugas Kecamatan dan kebersihan saja. Oleh sebab itu, Bobby Nasution mengimbau seluruh masyarakat Kota Medan untuk ikut berpartisipasi jika jajaran Pemko Medan mengadakan gotong royong.

“Jika bukan masyarakatnya yang ikut membantu mengerjakannya, siapa lagi yang akan menjaga lingkungannya tetap bersih.”kata Bobby Nasution.

Dijelaskan Bobby Nasution lagi bahwa drainase dijalan Pelita VI ini mengalami penyumbatan, namun Camat Medan Perjuangan sudah memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan penyumbatan aliran drainase ini. Adapun solusi yang diberikan berupa pembuatan sodetan, karena aliran drainase tidak dapat mengalir dan sedimen yang berada di dalam drainase juga tinggi serta arah aliran air juga belum jelas kemana.

“Jadi saran dari Pak Camat tadi adalah dengan membuat sodetan dan saya langsung sampaikan ke Kepala Dinas PU. Insya allah hari senin langsung dibuat roadmapnya, tidak lebih dari 200 meter pembuangannya nanti bisa langsung diarahkan ke parit sulang saling.”jelas Bobby Nasution.

“Selain itu nanti akan kita lihat sodetan ini melalui mana saja. Kita pelajari apakah melalui rumah warga atau seperti apa nanti kita cari jalurnya. Oleh karena itu, saya minta kepada Dinas PU yang mengerti kajian teknisnya dan Pak camat mengerti kondisi wilayahnya agar mereka saling berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” lanjut Bobby Nasution.

Di tempat yang sama Camat Medan Perjuangan, Afrizal mengatakan kegiatan gotong royong massal ini merupakan tindaklanjut dari visi dan misi Wali Kota Medan yang ingin mewujudkan kota Medan yang berkah. Dimana setiap hari sabtu seluruh jajaran Kecamatan Medan Perjuangan dan juga Kelurahan menggelar gotong royong bersama.

“Setiap sabtu kita rutin menggelar gotong royong di masing-masing Kelurahan, namun karena hari ini Bapak Wali Kota Medan ingin melihat langsung kegiatan gotong royong kita makanya kita fokuskan ke jalan Pelita VI sekaligus kita menyampaikan permasalahan drainase yang tersumbat dijalan ini.”jelas Afrizal.

Afrizal juga merasa bersyukur karena Wali Kota Medan langsung turun untuk mengecek penyebab drainase yang ada dijalan pelita VI mengalami penyumbatan sehingga apa yang menjadi keluhan warga selama ini dapat segera teratasi.

“Alhamdulillah dengan kehadiran Pak Wali Kota hari ini apa yang menjadi permasalahan di jalan Pelita VI terutama drainase dibagian kiri dan kanan ini dapat segera teratasi.”ujarnya.

Afrizal juga menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama ikut serta bergotong royong dan menjaga kebersihan lingkunganya masing-masing.

Sementara itu salah seorang warga jalan Pelita VI, Paisal Lubis mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Medan beserta seluruh jajaran Kec. Medan Perjuangan yang dengan sigap mengatasi permasalahan drainase tersumbat dijalan ini. Sebab selama ini masyarakat sekitar khawatir terjadinya banjir akibat drainase yang tersumbat.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bapak Wali Kota Medan yang langsung turun melihat keluhan kami selama ini, saya berharap dengan adanya gotong royong dan perbaikan, drainase kami tidak lagi tersumbat.”ucapnya. (er)