Wakil Walikota Langsa Buka Turnamen Liga Pelajar U-16

131

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM mengharapkan kejuaraan Liga Pelajar U-16 piala Wakil Walikota Langsa tahun 2021 dapat menghasilkan pemain muda Kota Langsa yang berbakat. Hal ini disampaikannya saat pembukaan kejuaraan Liga Pelajar U-16 piala Wakil Walikota Langsa tahun 2021, bertempat di Stadion Langsa, Sabtu (20/11/2021).

Dikatakannya, dalam membangun tim sepak bola yang kuat tidak bisa-instan namun butuh bimbingan, latihan yang berkelanjutan sejak dini.

“Saya berharap anak-anak U-16 yang saat ini bertanding beberapa tahun mendatang dapat bermain di kancah yang lebih besar. Liga pelajar U-16 ini merupakan bagian dari tangga pembinaan sepak bola Indonesia yang digagas Menpora dalam upaya mengembalikan kejayaan sepak bola Indonesia, berjenjang dari Kabupaten/Kota beranjak ke Provinsi hingga bertanding di Tingkat Nasional,” jelasnya.

Marzuki Hamid menambahkan bahwa anak-anak yang berbakat nantinya dapat memperkuat Tim PSBL. Karena, sambungya lagi, club bola asal kota Langsa ini bisa diperkuat oleh pemain-pemain lokal khususnya putra kota Langsa itu sendiri.

“Tujuan diselenggarakan turnamen kali ini dalam rangka mencari bibit atlet berpotensi dalam cabang olahraga sepakbola,”tandas Wakil Walikota Langsa.

Selain itu, turnamen juga diselenggarakan dalam rangka untuk menjalin silahturahmi antar pemain di Langsa sekaligus sebagai media unjuk kebolehan anak didik.

Liga Pelajar ini diharapkan menjadi pembinaan para pemain dari yang bersifat alami menjadi sebuah penguasaan skill yang dapat diandalkan untuk membawa nama Kota Langsa pada Tingkat Nasional maupun Internasional.

“Kami berharap kepada para pembina klub klub sepakbola untuk ikut mengoptimalkan pembinaan pemain- pemain usia dini, karena pembinaan usia dini akan menjadi pondasi dalam membangun sepak bola nasional kedepan,” ujarnya lagi.

Dia menuturkan bahwa ajang ini juga harus dijadikan sebagai wadah untuk mengasah kemampuan melahirkan bibit pemain bola yang handal, apalagi Langsa memang sudah dikenal sebagai gudangnya atlet bola kaki.

Liga Pelajar juga diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelajar untuk dapat mengembangkan bakat di bidang sepak bola sekaligus menghindarkan pelajar dari hal-hal negatif seperti tawuran dan penyalahgunaan narkoba.

“Kepada para pemain muda peserta kompetisi ini, kelak kalianlah yang akan membawa nama baik daerah di bidang sepak bola pada kancah nasional. Tunjukan kemampuan terbaik kalian dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas,”tukas Marzuki Hamid.

Selain itu, ia juga mengajak semua pihak yang terlibat untuk mensukseskan turnamen Liga Pelajar U-16 piala Wakil Walikota Langsa itu dengan menciptakan iklim yang kondusif selama pertandingan berlangsung sampai dengan selesai.

“Perlu saya tekankan bahwa sportifitas adalah modal dasar untuk mencapai kemenangan, termasuk juri harus adil dalam mengambil keputusan serta suporter tidak boleh bersikap anarkis antara sesama pendukung,”tegas Marzuki.

Piala Wakil Walikota Langsa tahun 2021 diikuti oleh delapan tim Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dalam Wilayah Kota Langsa yang terdiri dari, SMA Negeri 1 Langsa, SMA Negeri 2 Langsa, SMA Negeri 3 Langsa, SMA Negeri 4 Langsa, SMK Negeri 1 Langsa, SMK Negeri 2 Langsa, MAN 1 Langsa dan MUQ Langsa.

Kejuaraan sepak bola Liga Pelajar Tahun 2021 ini akan memperebutkarn Tropy, Tropy Medali, Uang Pembinaan dan Sertifikat dimana untuk semua Tim yang bertanding akan mendapatkan sertifikat. Untuk juara 1, 2 dan 3 akan mendapatkan tropy, mendali dan uang pembinaan serta Top Score Pemain Terbaik akan mendapatkan uang pembinaan dan Tropy.

Turut hadir saat pembukaan Sekda Langsa Ir. Said Mahdum Majid, Kadispora Kota Langsa, Dr. Iqbal M,Pd, Kabag Humas Pemko Langsa Muzammil S,STP, M.SP serta undangan lainnya. (AA)