Wakapolres Tebing Tinggi Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1445 H

34

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, SH, MH memimpin apel kesiapan pengamanan malam takbiran Idul Fitri 1445 H, di Lapangan Apel Polres Tebing Tinggi, Jalan Pahlawan Kota Tebing Tinggi, Selasa sore (9/4/2024) pukul 17.00 WIB.

Apel diikuti Kabag Ops AKBP Yengki Deswandi SH, Kabag Ren Kompol Anjas Asmara Siregar SH, Kabid Dishub Dede Roman, para Kasat dan Kapolsek serta personel gabungan dari Perwira Polres Tebing Tinggi, Sat Samapta, Sat Lantas, Dinas Perhubungan dan Satpol-PP Kota Tebing Tinggi.

Dalam arahannya, Wakapolres Tebing Tinggi menyampaikan apel ini merupakan bagian dari kegiatan pengamanan Operasi Ketupat Toba 2024 di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi.

“Pengamanan ini merupakan bentuk komitmen Polri, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam merayakan malam takbiran Idul Fitri 1445 H,” kata Kompol Asrul Robert Sembiring.

Dirinya mengajak personel melaksanakan Pam takbiran sesuai sprin yang sudah dibagikan untuk Pam Beat masing-masing.

“Hal ini harus ada perbaikan-perbaikan dari tahun lalu. Kita melaksanakan pengamanan sesuai Pam Beat masing-masing jangan sampai ada kemacetan. Dan yang melaksanakan Pam jangan meninggalkan lokasi pengamanan,” tambahnya.

Ia mengingatkan pengalaman tahun lalu masih banyak persimpangan yang macet hingga tidak berjalan para pengendara pawai takbiran. Untuk masing-masing Padal pada setiap Beat harus mengawasi anggotanya jangan sampai kosong personel.

“Ini malam terakhir untuk pelaksanakan bulan puasa dan kita mengantisipasi kemacetan di jalur wilayah hukum Kota Tebing Tinggi. Bagi Dinas Perhubungan, mari kita bersama-sama untuk mengamankan dan jangan sampai ada kemacetan. Besok pagi kita juga melaksanakan pengamanan sholat Idul Fitri, jangan sampai terlambat minimal pukul 06.30 WIB, kita sudah berada di tempat masing-masing dan setiap kegiatannya tolong dibuatkan dokumentasi SOT,” pungkas Wakapolres.

Kasat Lantas AKP Agnis Juwita, S.I.K, MM, M.Si sebagai Padal Lalin menambahkan tekhnis untuk rekayasa arus lalin. Untuk tim urai harus berani untuk mengarahkan para juru parkir untuk menertibkan parkir kendaraan.

“Jalur Tol Tebing Tinggi menuju Tol Sinaksak sudah dibuka dan sedikit meringankan kepadatan yang melintas di Kota Tebing Tinggi. Kepada setiap masing-masing Padal bertanggung jawab harus bisa mengurai kepadatan yang ada ditempatnya,” sebutnya.

Di tempat sama, Kabag Ops AKBP Yengki Deswandi, SH memaparkan agar mempergunakan alat lalu lintas yang benar, jangan memakai laser point untuk pengaturan ataupun lampu handphone dan manakala kondisi hujan memakai mantel hujan.

“Untuk pelaksanaan pengamanan sholat Idul Fitri jangan mendahului pulang setelah selesai sholat, habis dulu jama’ah yang melaksanakan sholat baru bisa menyesuaikan. Dan yang berpakaian preman harus jeli bagi masyarakat yang ingin berbuat kejahatan agar jamaah merasa aman dan nyaman. Perintah Kapolda yang saat ini masih melaksanakan Operasi Ketupat Toba 2024 bagi pengendara yang memakai knalpot brong bisa dilakukan peneguran ataupun penilangan,” tandasnya. (ar)