Wabup Adlin Tambunan Hadiri Peresmian Jalan Sepanjang 3,7 KM di Kotarih – Hutagaluh

39

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Harapan masyarakat Kotarih akhirnya terpenuhi mendapatkan jalan dalam kondisi baik akhirnya dirasakan warga Desa Kotarih Baru-Sialtong. Sepanjang 3,7 km ruas jalan mulai dari Simpang Kotarih hingga Hutagaluh kini mulus.

Rasa terima kasih diungkapkan Sariman Barus (70), warga Dusun 1 Desa Sialtong. Menurutnya selama tinggal di desa ini belum pernah melihat jalan bermarka di kampungnya.

“Dari kecil aku disini baru kali ini nampak jalan bagus terus ada putih-putihnya di tengah (red, marka jalan). Benar-benar bagus sekali,” ungkapnya, Jumat (14/1/2022).

Sariman, yang bermata pencarian sebagai petani ini mengaku, jalan yang sudah mulus sangat berdampak dengan perekonomian warga. Bahkan, lanjutnya, usia spare part kendaraan juga semakin awet.

“Dulu kalau mau ke pasar bawa hasil bumi yang mau dijual susah kali. Jalannya yang gak bagus berlobang-lobang, kalau hujan udahlah becek, bawa barang-barang pun susah. Harus pelan-pelan. Kalau gak gitu nanti jatuh semua lah. Ada juga yang meninggal karena jalan yang rusak-rusak dulu,” tambahnya.

Mewakili warga Sariman mengaku berterima kasih kepada Pemkab Sergai yang dipimpin Bupati Darma Wijaya dan Adlin Tambunan atas pengaspalan yang dilakukan.

“Terima kasih kali la sama Pak Bupati Darma Wijaya dan ini Wakilnya Pak Adlin yang udah datang sampai ke kampung kami yang jauh ini. Bukan cuma aspalnya aja yang datang tapi pemimpinnya pun mau jauh-jauh kemari,” ucapnya.

Seperti diketahui lewat dana Pemulihan Ekonom Nasional (PEN) Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai melakukan pembangunan jalan Simpang Kotarih – Hutagaluh Kecamatan Kotarih sepanjang 3.707 M x 3.5 M. Ucapan syukur atas pembangunan ini pun dilakukan warga dengan menggelar syukuran di Dusun 2 Desa Sialtong. Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Adlin Tambunan hadir memenuhi undangan warga.

Di hadapan warga, Adlin meminta agar pembangunan jalan yang sudah selesai diimbangi dengan sikap dan perilaku warga sekitar dengan tidak arogan saat berkendara. Ia juga mengharapkan adanya kerjasama antar warga untuk merawat jalan.

“Kami mau, jangan ada pulak nanti korban kecelakaan di jalan yang baru ini disebabkan adanya pengendara yang tancap gas. Apalagi ini jalannya berbelok-belok. Jadi hati-hati. Saya minta juga Pak Kades dan warga semuanya harus bisa merasa sebagai pemilik jalan ini. Supaya ada rasa tanggung jawab untuk menjaganya,” pesan Adlin.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung program vaksinasi. Hal ini dibuktikan dengan capaian vaksinasi dosis 1 Kecamatan Kotarih sudah tembus 100 persen. Sementara untuk dosis 2 berada di capaian 70 persen. Sedangkan vaksinasi anak-anak berada di angka 50 persen dalam kurun waktu sepekan.

“Saya mewakili Pak Bupati mengucapkan terima kasih kepada warga sekalian yang sudah mendukung program vaksinasi. Salut. Warga kompak. Semoga di kecamatan lain menyusul sehingga fokus kita untuk memulihkan ekonomi tidak terganggu,” pungkasnya.

Acara syukuran ini ditandai dengan pemotongan pita yang kemudian dirangkai pemotongan tumpeng dan ramah tamah.

Turut hadir Kadis Perhubungan Gunawan, Camat Kotarih, Kapolsek Kotarih, dan 11 Kepala Desa di Kecamatan Kotarih. (AfGans)