Upacara Hari Pramuka Ke-61, Bobby Nasution: Pramuka Sejati Siap Menolong Siapa pun yang Butuh Bantuan

237

MEDAN ketikberita.com | Penyerahan penghargaan Lencana Dharma Bakti dan Lencana Pancawarsa yang dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Ka Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Medan mewarnai jalannya Peringatan Hari Pramuka ke 61 Tahun Tingkat Kwarcab Kota Medan di halaman depan Balai Kota, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Sabtu (24/12).

Lencana Dharma Bakti diserahkan orang nomor satu di Pemko Medan kepada sejumlah camat di Kota Medan. Lencana itu iberikan sebagai tanda penghargaan atas sumbangan tenaga, pikira , dana dan fasilitas yang cukup besar guna membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka.

Sedangkan Lencana Pancawarsa diberikan sebagai tanda penghargaan yang diberikan kepada anggota dewasa Gerakan Pramuka atas kesetiaannya dan keaktifannya melakukan kegiatan orang dewasa Gerakan Pramuka selama lima tahu atau kelipatannya secara terus menerus.

Selain itu dalam upacara yang dipimpin langsung Bobby Nasution, orang nomor satu di Pemko Medan ini juga menyerahkan 200 paket bantuan sembako untuk Kecamatan Medan Belawan guna dibagikan kepada masyarakat yang terdampak banjir rob. Hal ini juga sebagai bentuk kepedulian sosial Bobby Nasution selaku Ka Mabicab Gerakan Pramuka Kota Medan.

Upacara juga turut dihadiri Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman, unsur Forkopimda Kota Medan, para asisten, pimpina OPD di lingkungan Pemko Medan serta camat se-Kota Medan.

Dalam sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, Bobby Nasution menyampaikan ucapan terima kasih atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19 antara lain melalui kegiatan Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mematuhi protokol kesehatan serta mengajak sebanyak mungkin orang mematuhinya.

“Selain itu, lewat kegiatan Gerakan Kepedulian Nasional dengan menunjukkan sikap empati dan simpati serta siap menolong. Hal itu menunjukkan jika kakak-kakak dan adik-adik memiliki sikap seorang Pramuka sejati yang siap menolong siapapun yang membutuhkan bantuan. Percaya lah, apa yang dilakukan itu menjadi ladang amal bakti berbuah pahala, ” kata Bobby Nasution.

Mengusung tema “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”, Bobby Nasution selanjutnya berharap agar keluarga besar Gerakan Pramuka tetap ceria dan bersemangat dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa. ” Serta terus berusaha untuk mencapai prestasi dengan sebaik-baiknya, ” harapnya.

Usai menjadi pembina upacara, Bobby Nasution langsung beranjak menuju mobil ambulance untuk melihat peserta upacara yang merupakan anggota pramuka tengah mendapat penanganan dari tim medis. Pasalnya, anggota Pramuka tersebut tidak dapat mengikuti jalannya upacara hingga selesai dikarena kondisi tubuh yang melemah. Di samping itu, Bobby Nasution juga minta tim medis untuk memastikan bahwa kondisinya benar-benar sudah pulih kembali.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Medan HM Husni dalam laporannya menjelaskan jika upacara menjadi puncak peringatan Hari Pramuka ke 61 tahun.

“Selain itu juga digelar kegiatan bakti sosial, penghijauan di beberapa kawasan Kota Medan dan anjangsana kepada para senior serta sepuh gerakan Pramuka Kota Medan. Atas nama keluarga besar gerakan Pramuka, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota beserta Ibu atas kepeduliannya terhadap Gerakan Pramuka Kota Medan serta dukungan untuk membantu masyarakat lewat kegiatan sosial yang dilakukan, ” bilang Husni. (er)

Artikulli paraprakKapolda Sumut, Wagubsu, Pangdam Cek Bandara Kualanamu Pastikan Pengamanan Berjalan Lancar Selama Nataru
Artikulli tjetërHasil Peninjauan Bobby Nasution, Menko Perekonomian & Menperin di Pusat Pasar, Harga Masih Stabil, Stok Bapok Aman