Penanaman Pohon Serentak, Sumut Pilih Kawasan Sport Centre, Pj Gubernur: Agar Lebih Indah, Hijau dan Sejuk

43

DELISERDANG (Sumut) ketikberita.com | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin melakukan penanaman pohon serentak secara nasional di kawasan Sport Centre Sumut. Kawasan ini dipilih, agar keindahan dan kesejukan di Sport Centre Sumut ini terjaga. Area yang digunakan untuk penanaman pohon ini sekitar 0,5 Ha.

“Desain Sport Centre ini sangat indah, ditambah ini akan lebih indah, lebih hijau dan bisa kita nikmati bersama,” kata Hassanudin, Hassanudin usai kegiatan penanaman pohon serentak nasional, dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-41 di Sport Centre Sumut, Desa Sena, Kabupaten Deliserdang, Kamis (7/3).

Hassanudin juga mengingatkan, kegiatan penanaman pohon tidak hanya sebatas seremoni. Pohon yang ditanam harus tetap dijaga hingga tumbuh besar. Sehingga tujuan untuk menjaga lingkungan hidup dan ekosistemnya tercapai.

“Di jaga, dipelihara, bukan hanya sebatas seremoni, apalagi sampai hilang,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengajak rimbawan, pemerintah, pelaku bisnis dan masyarakat bahu-membahu memberikan aksi nyata melestarikan lingkungan. Saat ini, menurutnya, banyak perusahaan yang berhasil mengelola hutan dan lingkungan hidup dan hal tersebut bisa diaplikasikan ke masyarakat.

“Banyak perusahaan-perusahaan yang berhasil mengelola mangrov, hutan, kita ingin perusahaan tersebut juga membimbing masyarakat untuk hal serupa, sehingga semakin luas kita bisa melindungi lingkungan kita dan mengurangi emisi,” kata Siti Nurbaya, secara virtual dari Kabupaten Bengkalis, Riau.

Hadir pada kegiatan ini, Sekdaprov Sumut Arief S Trinugroho, Dirjen Konservasi Sumber Data Alam dan Ekosistem KLHK Satyawan Pudyatmoko, Bupati Deliserdang M Ali Yusuf Siregar dan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani. Hadir juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumut Yuliani Siregar, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Ilyas S Sitorus, Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian dan OPD terkait lainnya. (red)