TMMD Ke-118 Kodim/Muna Tahun 2023 Resmi di Buka Wakil Bupati Muna

135

MUNA (Sulawesi Tenggara) ketikberita.com | Program TNI Manunggal Bersama Masyarakat (TMMD) ke-118 Kodim 1416/Muna Tahun 2023, dengan Tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Muna, Drs. H. Bahrun Labuta, M. Si yang bertempat di Lapangan Bola Manguntara Kel. Danagoa Kec. Tongkuno Kab. Muna, (20/9/2023).

Wakil Bupati Muna, Bahrun Labuta, mengatakan bahwa, program TMMD ke-118 Tahun ini bercermin dari kesuksesan TMMD tahun sebelumnya.

“Melihat TMMD tahun sebelumnya menjadi motivasi pemerintah kembali mendorong dilaksanakannya program ini. Kita melihat TMMD sebelumnya cukup bagus itu cukup menjadi modal TMMD tahun ini. Semoga sukses,” ujarnya.

“Keberhasilan TMMD tidak terukur dari fisiknya saja, tetapi juga dari perubahan yang dapat di rasakan masyarakat. oleh karena itu, kita harus memiliki komitmen untuk memelihara dan mengoptimalkan pemanfaatan hasil- hasil pembangunan ini agar memberikan manfaat jangka panjang”.

Selain itu mari kita sambut tim TMD dengan baik dan memberikan mereka dukungan penuh dalam menjalankan tugas mulia ini, semoga kegiatan TMMD ke-118 ini akan berjalan dengan lancar, dan hasilnya akan memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat Muna, serta pembangunan yang bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat”.

“Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan mari kita menjaga semangat kebersamaan dan gotong- royong yang telah menjadi ciri khas bangsa kita, kita adalah satu keluarga besar, satu komunitas yang memiliki tanggung jawab bersama dalam membangun daerah ini”

“Mari kita fokus pada prioritas pembangunan yang benar dibutuhkan oleh masyarakat, pendekatan secara nyata partisipatif dan akan masyarakat aspirasi membantu kita merencanakan dan melaksanakan Proyek- proyek yang memiliki dampak positif” Ucap Wakil Bupati.

Bertindak sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), Dandim 1416/Muna, Letkol Inf Gilles R.B Hogendorp, S.I.P mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang telah memfasilitasi terlaksananya program TMMD ini.

Dia juga optimis pelaksanaanya berjalan dengan baik karena dapat dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat. “Ini adalah program positif membangun desa dengan kebersamaan begotong royong. Mari kita bangkitkan kembali budaya gotong royong,” ujarnya.

Dikatakan bahwa program TMMD merupakan keterpaduan antara TNI bersama pemerintah bersatu padu membangun daerah, sebagai upaya percepatan pembangunan dan peningkatan infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat di pedesaan.

“ Kami ucapkan banyak terima kasih dan masyarakat sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan terlaksana sebaik-baiknya,” katanya.

Dia juga berharap program ini berkesinambungan istilahnya ada tindak lanjut dari pemerintah sehingga pembukaan jalan ini benar-benar bermamfaat bagi akses distribusi hasil bumi, dan lainnya”tutup Dandim.

Hadir dalam kegiatan tersebut Letkol Czi. Tambohule Wulaa S.I.P (Kasi Ter Korem 143/HO), Letkol Inf Gilles Royce Barnaby Hogendorp S.I.P, ( Dandim 1416/Muna), AKBP Mulkaifin,S.IK (Kapolres Muna) Irwan S.Pi (Ketua DPR Kab. Muna),  Hj Adam SH. MH (Pengadilan Agama),  Rimba Sua (Asisten II),  Letkol Inf Syafruddin Mutasidasi S.E, (Danyon 725 Woroagi),  Kapten Laut Mardin(Mewakili Danlal Kendari),  Letda CPM Darwis (Dansub Denpom Raha), Iptu Abdul Hasan (Kapolsek Tongkuno),  Para Kepala OPD Kab.Muna Seluruh PA Staf dan Danramil 1416 Muna Ketua Persit KCK Cabang XLIX, Arif Wau S.Si (Camat Tongkuno), Wa Tuhu (Kapus Tongkuno), para kepala Lurah dan Kepala Desa sekecamatan Tongkuno.

Adapun sasaran TMMD ke 118 Kodim 1416 /Muna sasaran fisik yaitu pembuatan Jalan Usaha Tani sepanjang 550 meter, pembangunan Daucker 1 unit, pembuatan drainase panjang 413 meter, serta pembangunan talud 24 meter, serta sasaran non fisik, penyuluhan tentang Wasbang, Bela negara, Kesehatan, peternakan, Narkoba, Perikanan, lingkungan hidup, serta penyuluhan stunting, dan posyandu. (r/Pen)