Diskusi Rangka Pengembangan Pariwisata di Menparekraf, Bupati Nisbar Serahkan Undangan Festival Pesona Aekhula

554

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Dalam rangka pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, berdiskusi dengan beberapa Kepala Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota mengenai potensi dan permasalahan pengembangan pariwisata di daerah.

Pertemuan tersebut dilaksanakan Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Lt.1 Jalan Medan Merdeka Barat No.17 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Baparekraf, Senin (23/5/2022).

Masing-masing Gubernur, Bupati/Walikota yang diundang pada diskusi tersebut, mempresentasikan di hadapan Menparekraf potensi dan permasalahan pengembangan pariwisata di daerahnya masing-masing.

Dilansir dari situs Kominfo Niasbarat.go.id bahwa Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu, di hadapan Menteri Sandiaga Uno, mengatakan bahwa potensi pariwisata di Kabupaten Nias Barat tidak kalah dengan daerah lainnya. Untuk itu, Ia meminta agar pemerintah melalui Kemenparekraf, memberikan perhatian khusus untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Nias Barat.

“Nias Barat merupakan salah satu daerah yang masuk kategori 3T dan memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain. Sejak terbentuk menjadi sebuah Kabupaten, belum ada perhatian khusus dari pemerintah pusat untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya”, ujar Bupati Khenoki Waruwu di hadapan Menteri Pariwisata dan Anggota Komisi X DPR RI Elnino M. Husein Mohi, ST., M.Si.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Khenoki, kami mengharapkan agar pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Anggota Komisi X DPR RI memperjuangkan dan memberi perhatian serta dukungan untuk mempercepat pengembangan sektor pariwisata di Nias Barat.

Di akhir paparannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, menyerahkan undangan sekaligus mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno untuk hadir pada acara puncak Festival Pesona Aekhula tanggal 22 Juni 2022 mendatang.

“Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Nias Barat, saya mengundang Bapak Menteri untuk datang ke Nias Barat pada acara puncak Festival Pesona Aekhula”, ajak Bupati Khenoki Waruwu.

Setelah para Kepala Daerah mempresentasikan potensi dan permasalahan pengembangan pariwisata di daerahnya masing-masing, Menteri Parekraf melalui beberapa Deputi yang hadir mendampingi Menteri menyatakan bahwa Kementerian Parekraf siap memfasilitasi promosi dan pemasaran potensi pariwisata di masing-masing daerah. Sedangkan untuk mendukung pengembangan dan penataan destinasi, pemerintah melalui Kementerian Parekraf memberikan dukungan melalui DAK Penugasan dan Dekonsentrasi.

Pada pelaksanaan diskusi dalam rangka kolaborasi pengembangan pariwisata di daerah, turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat antara lain Kadis Pariwisata dan Kebudayaan, April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., Kadis Komunikasi dan Informatika Sihama Gulo, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sonifati Zebua, M.M., Kabid Promosi Pariwisata Herman Zendrato, Kabid Penataan Destinasi Beta Sherly Hia, SE dan beberapa staf lainnya. (Wardiy)