Tambahi Bantuan APBD, Bobby Nasution dan Pimpinan Perangkat Daerah Gotong Royong Bantu Dana Pembangunan Menara Masjid Nurul Huda

92

MEDAN ketikberita.com | Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama pimpinan perangkat daerah gotong royong memberikan sumbangan sebesar Rp100 juta untuk pembangunan menara Masjid Nurul Huda, Jalan Garuda, Sei Sikambing B. Sumbangan pribadi Bobby Nasution dan bawahannya ini menambahi bantuan Pemko Medan yang bersumber APBD sebesar Rp 50 juta dari Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya Penaataan Ruang Kota, Rp 10 juta dari Dinas Sosial.

Pemberian bantuan dilakukan pada Safari Jumat Pemko Medan di masjid yang berlokasi di Kecamatan Medan Sunggal itu, Jumat (1/9). Kumpul-kumpul bantuan pribadi ini digagas Bobby Nasution setelah mendengar pemaparan dari Ketua Harian BKM Nurul Huda H. Boimin tentang proses pembangunan menara yang tengah berjalan.

Dalam acara yang digelar setelah Salat Jumat itu, H. Boimin mengemukakan, pembangunan menara masjid dimulai sejak Januari 2023 dan berjalan secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan. Sampai saat ini progress pembangunan sudah mencapai 25 persen.

Mengacu pada perencanaan, lanjutnya, menara masjid ini ditargetkan selesai dalam waktu empat bulan dengan biaya total sebesar Rp370 juta.

“Kami berharap kunjungan Wali Kota Medan ini dapat mempercepat proses pembangunan menara,” ungkapnya.

Menanggapi ini, Bobby Nasution pun berinsiatif mengumpulkan bantuan pribadi.

“Kami yang hadir pada Safari Jumat ini banyak. Target kami sebelum pulang memberikan bantuan pribadi sebesar Rp100 juta,” ungkap Bobby Nasution disambut tepuk tangan jamaah.

Selain bantuan bersumber APBD dari Dinas Perumahan Permukiman Cipta Karya Penaataan Ruang Kota dan Dinas Sosial, Bobby Nasution juga menyerahkan sertifikat koperasi dan satu unit steling dari Dinas Koperasi UMKM Perindag, 1 set tenis meja dari Dinas Pemuda Olahraga, satu unit steling dari Dinas Ketahanan Pangan, rak dan buku dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Saat itu, Bobby Nasution menyampaikan harapannya agar masjid difungsikan sebagaimana masa Rasulullah dahulu.

“Sebagai tempat ibadah itu wajib, lebih dari itu masjid juga mempunyai fungsi sosial, ekonomi, budaya bagi jamaahnya,” ungkapnya.

Menurut Bobby Nasution, harapan inilah yang mendorong dirinya dan Wakil Wali Kota H. Aulia Rachman di awal-awal kepemimpinan di Medan meluncurkan program Masjid Mandiri.

Kegiatan Safari Jumat ini berlangsung dalam suasana kekeluargaan yang sangat kental. Sebagai ungkapan penghargaan yang tulus, pihak BKM Nurul Huda memakaikan topi adat Aceh kepada Bobby Nasution. Suasana kekeluargaan dan kebersamaan pun kian menguat saat Bobby Nasution, unsur Forkopimda, segenap pimpinan perangkat daerah, khatib, jamaah dan pengurus BKM Nurul Huda makan siang bersama di penghujung acara. (red)