Rumuskan Strategi Tangani Permasalahan Papua, Kodam IX/Udayana Ikuti Seminar TNI AD ke VII

125

DENPASAR (Bali) ketikberita.com | Kodam IX/Udayana mengikuti Seminar TNI AD ke VII Tahun 2023, baik secara langsung dihadiri oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., di Gedung Prof. Dr. Satrio Seskoad, Bandung, maupun melalui Video Conference (Vidcon) yang dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si., M.Tr.(Han)., dan diikuti beberapa pejabat Kodam di Command Center Soekertijo Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Dengan mengusung tema “Strategi TNI AD Dalam Penanganan Permasalahan Papua”, seminar yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si., tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 14 September 2023. Mengundang narasumber dari berbagai instansi seperti Kemenko PMK RI, Kemenkopolhukam RI, Kemendagri RI, BIN, Pangdam XVII/Cendrawasih, dan Pj. Bupati Nduga serta Pemapar Danyonif R 321/Galuh Taruna dan Danyonif PR 305/Tengkorak.

Pada saat pembukaan, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, dalam sambutannya yang dibacakan Wakasad menyampaikan, seminar ini diharapkan dapat mencapai sasaran yang diinginkan, yaitu mendapatkan gambaran secara utuh tentang permasalahan di Papua. Sekaligus mencari solusi strategis penyelesaian permasalahan tersebut, dengan memberikan masukan kepada pemegang kebijakan tentang strategi pemecahan yang tepat, menuju Papua aman dan sejahtera.

Lebih lanjut Kasad berharap, pada acara Seminar TNI AD VII Tahun 2023 ini, dapat menghasilkan terobosan dan strategi pemecahan masalah di Papua yang lebih terintegrasi, efektif dan berhasil mewujudkan Papua damai dan sejahtera. Penyelesaian permasalahan Papua bukan hanya tugas TNI semata, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa Indonesia, baik Pemerintah pusat, Pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan semua lapisan masyarakat.

Di hari kedua seminar, Kasad yang juga menjadi Keynote Speaker dengan materi Peran TNI AD Dalam Mendukung Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Papua, menyampaikan bahwa persoalan keamanan dan kesejahteraan sangat mengganggu kemajuan Papua. “Rakyat berharap pembangunan di Papua dapat berjalan tanpa terhambat konflik, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Papua. Peranan TNI AD yang merupakan penjabaran dari tugas pokok TNI dalam OMSP selalu siap bersinergi dengan semua pihak untuk membangun kesejahteraan Papua,” ujar Kasad.

“Secara komprehensif, keterpaduan dan kolaborasi, semua elemen harus bergerak. Merah Putih tidak hanya sekedar TNI yang berbicara banyak, tetapi harus semua yang berbicara, demi kemajuan bangsa Indonesia. Semoga niat baik dan upaya yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa,” demikian harap Kasad.

Selanjutnya, melalui pernyataannya, Kasad secara resmi menutup Seminar TNI AD VII Tahun 2023. Turut hadir mendampingi Kasdam IX/Udayana secara virtual dalam kegiatan tersebut diantaranya Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, serta Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana. (red/Udy)