Ruko Eks Showroom Mobil di Tebing Tinggi Nyaris Ludes Terbakar, Ditemukan Adanya ODGJ Dalam Ruko

21

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kebakaran ruko kosong eks (bekas) Showroom mobil membuat geger warga dan pengguna jalan. Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Senin sore (6/5/2024) sekitar pukul 18.00 WIB, tepatnya di Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi.

Dari pantauan media dilokasi kebakaran tersebut, sebanyak 4 unit mobil pemadam dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tebingtinggi diterjunkan untuk memadamkan api yang membakar ruko berlantai dua itu. Terlihat aksi cepat tanggap petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang membakar bagian atas ruko dengan dibantu warga sekitar.

Akhirnya, api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit setelah berlangsungnya pemadaman yang dilakukan tim Damkar Kota Tebingtinggi. Namun untuk penyebab kebakaran dan kerugian materil yang ditimbulkan belum dapat dipastikan, masih menunggu konfirmasi dari pihak terkait yang melakukan pengecekan.

Selanjutnya, untuk memastikan api sudah padam, tim Damkar mencoba masuk ke dalam bangunan ruko dan didapati adanya seorang pria diduga ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) sedang tertidur, sehingga tim Damkar berkoordinasi dengan Satpol PP untuk mengamankan pria dimaksud.

Dari keterangan saksi dilokasi kebakaran didapati informasi langsung dari Iriadi merupakan Kepling dilingkungan I, persis dilokasi kebakaran. Ia mengungkapkan bahwa ruko yang terbakar itu merupakan ruko kosong bekas showroom mobil.

”Ya, ini ruko sudah lama kosong dan kabarnya pemilik ruko orang Medan. Saya tidak tahu pastu siapa nama pemilik ruko ini, yang saya tahu beberapa tahun lalu ini adalah showroom mobil bekas,” ujarnya

Lanjut Iriadi, kebakaran yang terjadi di ruko kosong ini sudah sekian kalinya dan ini yang lumayan besar dan harus dipadamkan oleh petugas Damkar. Sebelumnya kalau terbakar, warga bersama-sama memadamkan api, katanya.

Masih kata Iriadi, dugaan masyarakat sekitar kenapa ruko ini kerap kali terbakar, lantaran banyaknya sampah yang mudah terbakar yang berkemungkinan dibawa oleh seorang ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) yang sudah lama tinggal didalam ruko ini.

”Kemungkinam ODGJ itu ada menyulut api atau membuang puntung rokok sehingga membakar sampah yang berserakan di dalam ruko hingga api pun membakar sebahagian plafon ruko seperti yang barusan ini terjadi” bilang Iriadi.

Dikesempatan itu, selaku Kepling dilokasi kebakaran, dimana belakangan ini warganya banyak yang melapor kepadanya untuk meminta ODGJ itu dipindahkan dari ruko itu agar kebakaran yang sudah sering terjadi tidak terulang lagi seperti hari ini.

”Atas nama warga lingkungan I, kami meminta kepada pemerintah melalui Satpol PP untuk segera mengamankan ODGJ itu dari dalam ruko dan jangan dibiarkan kembali lagi, sebab jika dia kembali lagi, kejadian yang sama bisa terulang kembali” pintanya menyudahi keterangan.

Sementara itu, setelah api berhasil dipadamkan, sekitar pukul 19.00 WIB, petugas Satpol PP tiba dilokasi ruko yang terbakar, dengan disaksikan beberapa warga dan dibantu pihak Kepolisian dari Polsres Tebinggtinggi dan Polsek Rambutan, akhirnya ODGJ itu berhasil diamankan dan dibawa ke Kantor Satpol PP di Jalan Imam Bonjol kota setempat.

Terkait pegamanan ODGJ Kasatpol PP J.B. Hutapea berhasil dikonfirmasi media dan menyampaikan keterangan bahwa pria yang diduga ODGJ sudah diamankan dari ruko yang mengalami kebakaran oleh personil kita, ucapnya.

Kemudian lanjut Kasatpol PP, kami telah memanggil tenaga medis dari Puskesmas Satria untuk melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan awal kepadanya. Kemudian dilakukan pendataan bekerjasama dengan tim Kemensos perwakilan Kota Tebingtinggi, bilangnya.

Sambung J.B. Hutapea, untuk saat ini, telah diketahui kalau pria itu merupakan penduduk dari Desa Pegajahan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. tim Kemensos sudah mendapat nomor kontak keluarganya dan sudah menghubungi, sehingga tadi pihak keluarga sudah menjemput pria yang diduga ODGJ itu. papar Kasatpol PP menerangkan. (ar)