Rektor Unsam Buka Acara Pembekalan Mahasiswa KKN Periode I Tahun 2022

253

LANGSA Ketikberita.com | Rektor Universitas Samudra (Unsam), Dr. Ir. Hamdani, M.T membuka secara resmi acara Pembekalan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Periode I Tahun 2022, bertempat di Aula Gedung Multi Guna Unsam, Senin (24/1/2022 ).

Acara Pembekalan Mahasiswa KKN tersebut dilangsungkan selama 2 hari ( 24 – 25 Januari 2022 ) yang diikuti oleh Mahasiswa dari berbagai jurusan dan prodi di lingkungan Unsam yang telah menyelesaikan Mata Kuliah minimal 100 SKS. Pembekalan Mahasiswa KKN ini bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, ketrampilan dan teknik dalam melaksanakan kegiatan KKN agar seluruh rangkaian kegiatan di lapangan berjalan sesuai harapan.

Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu kegiatan Akademik, selain sebagai salah satu syarat kelulusan, melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan akan memperoleh pengalaman hidup bermasyarakat dan mengaplikasikan pengetahuan akademik yang didapatkan di kampus melalui kegiatan kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan masyarakat. KKN juga sebagai wujud pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata Periode I Tahun 2022 ini mengusung Tema “Membangun Desa Dengan Program Satu Desa Satu Produk.”

Rektor Universitas Samudra menyampaikan bahwa Kuliah Kerja Nyata merupakan Mata Kuliah yang sangat berharga bagi mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata bukan hanya menerapkan hasil pembelajaran di kampus, tetapi sebagai wujud kepedulian mahasiswa dalam bermasyarakat. Dengan kemampuan yang sudah dimiliki diharapkan mampu bekerja sama dalam tim dalam menggali dan mengembangkan potensi yang ada di desa dan mampu menjawab tantangan permasalahan yang ada di desa.

“KKN sebenarnya, bukan hanya menerapkan hasil pembelajaran di kampus, melainkan suatu bentuk kepedulian mahasiswa dalam bermasyarakat, dimana nantinya adik adik akan bekerjasama dalam satu Tim untuk satu desa yang terdiri dari berbagai jurusan, diharapkan melalui bimbingan dan koordinasi yang baik dari Dosen DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) serta dari masyarakat sendiri, adik adik dituntut memiliki solidaritas yang tinggi dan mampu bekerja sama menjadi Tim yang solid serta peduli dengan permasalahan yang ada di desa,” jelas Rektor.

“Jadi manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh informasi sebanyak mungkin dari bapak-bapak narasumber, karena mereka inilah yang lebih mengetahui tentang potensi dan kondisi desa di Aceh Timur, yang nantinya memberikan materi, atas arahan dan bimbingan narasumber kami ucapkan terimakasih dan setelah selesai KKN nantinya kita berharap mahasiswa mendapatkan data awal yang kita miliki untuk berkolaborasi dengan desa ke depannya,”ungkap Rektor.

Selain itu Rektor juga menambahkan bahwa dengan kemampuan dasar keilmuan yang dimiliki mahasiswa, kerjasama, binaan masyarakat dan Tim yang solid diharapkan mampu menggali potensi yang ada di desa sehingga dapat membuat program program inovatif dan teknologi tepat guna sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang akan membawa perubahan dalam pengembangan potensi desa dan perekonomian masyarakatnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unsam, Ir. Cut Mulyani, M.P selaku ketua panitia Pembekalan Mahasiswa KKN melaporkan bahwa Lokasi kegiatan KKN Periode I Tahun 2022 dilaksanakan di 20 desa dalam Kabupaten Aceh Timur, yaitu 16 desa di Kecamatan Serbajadi dan 4 desa di Kecamatan Peunaron, dengan jumlah peserta sebanyak 187 orang, yang berasal dari 5 Fakultas, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Teknik. Jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak jumlah desa penempatan yaitu 20 orang.

Sedangkan jadwal pelaksanaan dimulai pada 24 Januari s.d 28 Februari 2022, dengan rincian, pembekalan peserta KKN bersama Narasumber pada 24 Januari 2022, dan Penyusunan Proposal Kegiatan Tentatif bersama DPL dilaksanakan pada 25 Januari 2022.

Pemberangkatan Mahasiswa KKN dilaksanakan pada 27 Januari 2022 di halaman kantor Bupati Aceh Timur serta Penjemputan Kembali pada 28 Februari 2022 di kecamatan masing masing.

Dalam acara pembekalan ini Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu (LPPM – PM) Universitas Samudra selaku penyelenggara menghadirkan Narasumber; Aiyub, SKM., M.Si, (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur), Muklis, SIM., M. Kes., (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Mukim Gampong Kab. Aceh Timur), Muhammad Iqbal (Kabid.Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Mukim Gampong Kab.Aceh Timur ), Dr. Darmawan M. Ali, S.T.,MISD., (Staf Ahli Bupati Aceh Timur) dan AKP Zainir (Kasikum Polres Aceh Timur).

Acara ini diikuti oleh seluruh peserta KKN Periode I Tahun 2022, dan dihadiri oleh Para Wakil Rektor, Para Dekan, Ka.UPT, Ka.Lembaga, Ketua Satuan Pengawas dan Para Dosen Pembimbing Lapangan. (AA)