Polsek Sipispis Bantu Evakuasi Jalan Tertimbun Longsor di Desa Marubun

115

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Personel Polsek Sipispis Resor Polres Tebingtinggi dipimpin langsung Kapolsek AKP Gunawan Effendi melaksanakan pengecekan dan mengevakuasi jalan yang tertimbun longsor, tepatnya di Dusun II Desa Marubun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis sore (19/10/2023).

Tanah longsor telah menutup separuh badan jalan yang merupakan akses jalan warga untuk menuju Desa Marubun menuju desa, atau dusun lainnya maupun akses jalan menuju ke Kecamatan Sipispis.

”Bencana Ini terjadi diakibatkan oleh curah hujan yang cukup tinggi dan merupakan daerah rawan longsor didesa itu,” kata Kasi Humas AKP Agus Arianto kepada media melalui pesan WhatsApp seluler.

Diterangkan Kasi Humas bahwa akibat badan jalan tertimbun longsor, maka perlu dilakukan pembersihan jalan, sehingga personel Polsek Sipispis melakukan evakuasi timbunan longsor yang menutupi badan jalan dengan alat seadanya.

”Ini dilakukan agar akses jalan kembali dapat digunakan warga disana. Dimana jalan merupakan sarana yang sangat penting bagi warga untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari, terutama warga Desa Marubun,” bilang AKP Agus.

Lanjutnya, Kapolsek Sipispis juga melakukan koordinasi dengan Muspika dan perangkat desa untuk pembersihan jalan lebih lanjut serta melakukan pengaturan lalu lintas dan memberikan himbauan kepada masyarakat yang melintas agar waspada dan mengurangi kecepatan saat melintas disana, karena badan jalan tertutup timbunan tanah yang mengakibatkan jalan menjadi licin.

”Tetap hati hati saat melintasi jalan tersebut, karena saat ini jalan masih licin dan waspada kemungkinan longsor susulan akibat curah hujan yg tinggi,” terang Kasi Humas.

Turut hadir dilokasi evakuasi itu, Camat Sipispis Herbin Damanik, Wakapolsek Ipda Budianto Sinaga, Aiptu KY. Situmorang, Aiptu Alfon Amir, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa Marubun Endang Suhefni serta masyarakat sekitar, tutup Kasi Humas Agus Arianto. (ar)