Polsek Firdaus Kawal Pemakaman Jenazah Terkonfirmasi Covid-19

134
SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Polsek Firdaus Polres Sergai melakukan pengamanan pemakaman jenazah secara protokol COVID di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Umat Kristiani Desa Rambung Sialang Tengah Kecamatan Sei Rampah, Jumat (30/07/2021) sekira pukul 20.00 WIB.
Pengamanan dipimpin Kapolsek  Firdaus, AKP. Idham Halik,  didampingi Waka Polsek Firdaus IPTU R. Gultom, Bhabinkamtibmas AIPTU. Erwinsyah Putra, Gugus tugas COVID-19 Kecamatan Sei Rampah, Kades Rambung Sialang Tengah, Samidi dan Gugus tugas Desa Rambung Sialang Tengah.
Kapolres Sergai, AKBP. Robinson Simatupang melalui Kapolsek Firdaus AKP. Idham Halik mengatakan, pada Kamis, 29 Juli 2021 sekira pukul 14.30 Wib, korban RSP (48) berobat di RS. Umum Mitra Sejati Medan karena mengalami sakit.
Terhadap RSP dilakukan perawatan dan juga pemeriksaan Rapid Antigen dan Swab PCR, lalu diopname di RS Umum Mitra Sejati Medan.
Sehari berselang, Jum’at tanggal 30 Juli 2021, RSP meninggal dunia dan dilakukan pemulasaran di RS. Mitra Sejati.
Lalu sekira pukul pukul 20.00 Wib,  dilakukan penguburan di pemakaman umum Kristen di Desa Rambung Sialang Tengah dengan cara Protokol kesehatan COVID-19 dan pemakaman selesai sekira pukul 21.00 Wib.
Meski telah dilakukan penguburan, AKP. Idham Halik mengungkapkan, Polsek Firdaus bersama Gustu Desa Rambung Sialang akan melakukan beberapa tindaklanjut terkait persoalan ini, diantaranya yang telah dilakukan penyemprotan disinfektan dikediaman korban serta jiran tetangga.
Selain itu, akan melakukan Tracing dan Testing terhadap keluarga yang menjalin kontak erat dengan korban, yang akan melibatkan Tim Tracer Puskesmas Sei Rampah.
Dan yang paling penting katanya, selalu mengimbau masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan secara ketat agar dapat mengantisipasi penyebaran COVID-19.
“Bhabinkamtibmas kita telah melakukan himbauan agar masyarakat tetap mematuhi Inpres No. 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Virus COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan air yg mengalir dan hindari berkerumun”, pungkasnya. (AfGhans)