Pimpin Riksiapops Satgas Pamtas Yonif 744 /SYB, Kasad Tegaskan Untuk Tidak Menyakiti Hati Rakyat

60

BELU (NTT) ketikberita.com | Dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Korem 161/WS, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., memimpin secara langsung pelaksanaan kegiatan Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB Tingkat Mabesad TA. 2022, pada Selasa (30/8/2022).

Tiba di Mako Yonif RK 744/SYB yang berada di Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu. Kasad didampingi Asrena, Asops dan Aslog Kasad disambut laporan dari Danyonif RK 744/SYB, dilanjutkan dengan penyambutan secara Adat Hasehawaka dan Pengalungan Kain Tais diiringi Tarian Adat Likurai.

Dalam perjalanan menuju Lapangan Mako Yonif RK 744/SYB, Jenderal Bintang Empat yang juga pernah bertugas di Yonif 744/SYB dari tahun 1988 hingga 1994 tersebut disambut juga oleh para Purnawirawan mantan anggota Yonif 744/SYB yang pernah menjadi anggotanya.

Saat memberikan pengarahan, Kasad berpesan kepada seluruh anggota Yonif RK 744/SYB bahwa tugas menjaga pembatasan Negara RI-RDTL sudah sering dilakukan, tetapi tugas ini memberikan tantangan kepada Satgas Pamtas untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat.

“Kepada Prajurit Yonif RK 744/SYB, sekalipun tugas pokoknya nanti adalah menjaga perbatasan negara, kehadiran kalian juga harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar daerah perbatasan, khususnya menyangkut kesejahteraannya,” harap Kasad.

Terkait kesejahteraan yang utamanya adalah kebutuhan air, Kasad menyampaikan bahwa dari Mabesad akan dikirimkan material pendukung untuk Program Manunggal Air di perbatasan, sehingga Danyon sebagai Dansatgas diperintahkan agar segera mendata dan melaporkan hal-hal dan jumlah titik yang membutuhkan material tersebut.

“Sebagai Satgas Pamtas, masyarakat di perbatasan sangatlah menantikan kalian. Untuk itu, saya berpesan agar jangan sampai merugikan serta menakuti dan menyakiti hati rakyat, terlebih satuan kalian adalah Batalyon organik yang juga berada di wilayah perbatasan,” tegas Kasad.

Selesai memberikan pengarahan, Kasad didampingi rombongan melaksanakan Riksiapops Satgas Pamtas Yonif RK 744/SYB, dilanjutkan dengan meresmikan Kapela Tugu Jam dan peletakan batu pertama pembangunan Kolam Renang Yonif Raider Khusus 744/SYB, serta diakhiri dengan penandatanganan prasasti.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc, Danrem 161/WS dan para Pejabat Jajaran Kodam IX/Udayana serta undangan lainnya. (Ar/Udy)