Peringati HUT RI ke 78, DPP IKA SMAN 7 Medan Gelar Pidato Berbahasa Inggris

190

MEDAN ketikberita.com | Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni SMA Negeri 7 Medan (DPP IKA SMAN 7 Medan), menggelar berbagai kegiatan lomba untuk memperingati HUT RI ke-78 di halaman sekolah di jalan Timor Medan, Kamis (17/8/2023).

Bertajuk “ Bakti Alumni , Satu Hati Satu Alumni ”, DPP IKA SMAN 7 Medan mengadakan beberapa kegiatan seperti bazaar , pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah dan perlombaan yang digelar antara lain lomba pidato berbahasa Inggris, pecah balon, masukkan paku ke botol, joget balon dan pindahkan gelang di pipet.

Dalam arahannya saat menjadi inspektur upacara pengibaran bendera di sekolah Pembina DPP IKA SMAN7 Medan ,Dr. H. MS Kaban, S.E., M.Si usai membaca maklumat Menteri Pendidikan RI berencana untuk terus melakukan kegiatan serupa pada tahun-tahun yang akan datang.

“Kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan untuk memperkuat persatuan seluruh alumni berbagai angkatan sehingga semakin guyub, kompak dan dapat memberikan kontribusi, edukasi kepada insan alumni maupun keluarga besar serta siswa/I SMAN 7 Medan tentang pentingnya merawat silaturahmi,” kata MS Kaban

Menurutnya, penguatan silaturahmi tersebut telah menjadi visi dari SMAN 7 Medan yaitu mewujudkan Ikatan Keluarga Besar SMAN 7 Medan yang berkualitas dan berintegritas tinggi dalam mewadahi dan menyalurkan aspirasi para anggotanya serta mampu memberikan kontribusi positif dan inovatif sesama alumni dan juga terhadap kemajuan SMAN 7 Medan.

“Kami harap kegiatan ini juga dapat menjaga semangat dan menjadi pengingat akan pentingnya memperingati kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan terdahulu,” ucap Kaban

Dirinya juga berharap revitalisasi gedung sekolah seperti yang dicanangkan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan sudah dianggarkan di APBD tahun 2023 dapat terealisasi dengan baik.

Hal senada juga disampaikan Ketua umum IKA SMAN 7 Medan, Ir. H. Dwi Sudharto M.Si dan menyampaikan kegiatan bakti alumni dengan momentum ulang tahun Kemerdekaan RI ke 78 menjadi momentum kebersamaan dan dapat dilaksanakan secara konsisten.

” Kegiatan ini baru pertama sekali dilaksanakan di sekolah dan merupakan kolaborasi antara pihak sekolah dan ikatan alumni.Dan menjadi tindakan strategis untuk memberikan motivasi bagi siswa- siswa dan pihak sekolah untuk melakukan pendidikan secara baik , ” ujar Dwi.

Disebutkan kita harus bangga pernah bersekolah disini karena sudah melahirkan tokoh- tokoh nasional seperti Todung Mulya Lubis, ,Surya Paloh pendiri dan ketua Partai Nasdem, mantan Menteri Kehutanan, MS Kaban, Hermanto J Siregar dan banyak lagi.

” Dalam kegiatan ini kita perkenalkan Mars Alumni SMAN 7 Medan merupakan perjalanan yang isinya curahan hati bagaiman kita yang berasal dari suku, agama dan latar belakang dapat dipersatukan di SMAN 7 Medan,” ungkap Dwi.

Dalam lagi Mars Alumni menurut Dwi ada beberapa bagian yang intinya saling menjalin persaudaraan sebagai mahluk beragama dan sosial .Dan yang terpenting harus menjaga nama baik almamater.

Sementara itu Sekretaris Umum DPP IKA SMAN7 Medan, Ir Malik Assalih Harahap, MT, MM, IPM didampingi Ketua Panitia Massyita Rahman,ST,Msi dan Sekretaris Panitia Yholant Amelia menyampaikan acara yang dilaksanakan dalam rangka membangkitkan rasa nasionalisme di kalangan alumni dan siswa.

” Kita mengambil thema Satu Hati Satu Alumni dan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju dengan harapan alumni memberikan sumbangsih terutama di hari- hari besar Nasional sehingga dapat menjadi perekat di antara alumni dengan sekolah dan dan ini menjadi agenda rutin DPP IKA SMAN 7 Medan nantinya.. ujar Malik yang juga Wasekjend DPP Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indinesia(BKPRMI)

Salah satu perlombaan, lanjut Malik ada perlombaan pidato berbahasa Inggris dengan harapan Siswa Siswi yang akan tamat bisa bersaing di PTN atau perguruan tinggi di luar negeri , sehingga wajib adik-adik siswa dibekali dengan pengetahuan bahasa Inggris baik aktif maupun pasif.

” Kegiatan lainnya yakni memberikan tali asih bagi guru- guru yang kurang mampu maupun siswa yang berprestasi.Sehingga dapat menjadi perekat antara alumni dengan sekolah,” ucap Malik.

Dalam hal ini disebutkan ketika kita dilantik sebagai pengurus sesederhana apapun kegiatan hendaknya terlaksana dengan baik sehingga dapat menjadi catatan bagi alumni lainnya.Dan alumni lainnya yang berhasil menjadi tertarik untuk membantu siswa yang kurang mampu.

Dirinya berharap kepada alumni agar dapat bersama- sama membantu dan membesarkan sehingga alumni berperan penting untuk kemajuan sekolah.Dan bagaiman SMAN 7 ini menjadi SMA paling project bisa menyamai SMA- SMA lain di Sumut atau Indonesia.

” Saya yakin alumni- alumni yang yang berhasil dapat menjadi pendorong bagi siswa- siswa sehingga dapat berprestasi di Sumut maupun di Indonesia dan mengucapkan terimahkasih kepada Alumni yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini..semoga menjadi amal jariyah bagi kita nantinya,teruslah berbuat baik.. ,” tegasnya.

Dia juga menilai animo alumni untuk berperan dalam setiap kegiatan semakin tinggi.Ini menandakan sudah ada ikatan batin antara alumni dan sekolah.

Kepala sekolah SMAN 7 Medan , Drs H Masri Lubis MSi. merasa bersyukur dengan adanya kegiatan alumni melaksanakan HUT RI ke 78 di sekolah yang dibarengi memberikan bantuan berupa tali asih ataupun bantuan lainnya.

“Kegiatan ini bentuk sinergitas alumni dengan sekolah dalam rangka memajukan sekolah itu sendiri.Sekolah tanpa alumni tidak ada artinya,” ujar Masri.

Disebutkan tali asih diberikan kepada guru- guru yang hendak memasuki masa purna bakti dan berprestasi.Dan juga kepada siswa yang berprestasi

” Saat ini SMAN 7 Medan memiliki guru teladan II tingkat propinsi , yaitu Khairuddin Lubis dan usianya masih muda.Ini dapat membawa dampak positif bagi guru lainnya.Dan memiliki 4 siswa yang memiliki prestasi tingkat propinsi,” ungkap Masri .

Dengan adanya prestasi dari guru dan siswa menurut Masri merupakan bukti nyata jalinan kerjasama antara alumni dan sekolah sehingga pencapaian prestasi.

” Sebentar lagi SMAN 7 Medan memiliki padepokan gulat. Peralatannya seperti matras sudah tersedia dan akan dipasang untuk dipergunakan, karena aula dipakai maka tidak jadi dipasang , ” ujarnya mengakhiri.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut ,Direktur RS Sri Pamela Medika Nusantara , Wasekretaris Umum Yuni Astuti,Ningsih ,dr Syahrizal Siregar , Ir. Mislaini Suci Rahayu, M.Ec.Dev dan alumni dari masing angkatan dari berbagai daerah . (red)