Pemerintah Desa Mandaya Klarifikasi Soal Dana Ketapang 2022

458
Klarifikasi pemberitaan program ketapang tahun 2022 desa Mandaya.

SERANG (Banten) ketikberita.com | Bertempat di kantor desa Mandaya, kecamatan Carenang, Samudi kepala desa Mandaya memberikan klarifikasi terkait pemberitaan program ketapang (ketahanan pangan) tahun 2022 yang sebelumnya tayang dimedia ini,yang menurutnya perlu untuk disempurnakan.

Melalui Cecep sebagai Kaur Keuangan, pemerintah desa Mandaya menjelaskan program ketapang tahun 2022 terdiri dari tiga kegiatan,yaitu perikanan sistem bio vlog, pertanian dan pembangunan JUT (jalan usaha tani).

“Untuk perikanan kami melakukan pembesaran ikan nila dengan sistem bio vlog sebanyak lima kolam yang semuanya dikelola oleh kelompok”,Jelas Cecep.

Lanjut Cecep,”Kelompok bio vlog ini di ketuai oleh Sunarya dan Sarbini. Mereka bergantian merawat dan memonitor perkembangan ikan nila”,Tuturnya.

“Namun sangat disayangkan,ikan nila yang seharusnya bisa dipanen dalam waktu tiga bulan,ini sampai enam bulan baru bisa dipanen. Belum lagi banyak ikan nila yang mati,sehingga dari kegiatan ketapang ini dapat disimpulkan merugi. Ada sedikit hasil dari penjualan yang kita simpan, untuk dipergunakan sebagai modal usaha pada tahun ini atau tahun depan,menunggu cuaca membaik”,Beber Cecep.

Ditambahkan oleh kepala desa Mandaya, Samudi,”Untuk pertanian kami menanam cabai rawit yang dikelola oleh kelompok wanita tani (KWT).Karena faktor cuaca, semua pohon cabai mati sebelum menghasilkan”,Ungkapnya.

Selang Cecep, “Program ketapang yang ke tiga yaitu pembangunan jalan beton untuk JUT (jalan usaha tani) berlokasi di kampung Gardu Kisalam”,Jelasnya.

“Semua yang terkait dengan penggunaan anggaran ketapang tahun 2022 termasuk foto-foto dan berita acara sudah kami laporkan ke kecamatan dan datanya tersimpan dengan baik di desa”,Pungkasnya.

Acara yang dimulai sekira pukul 14.00 dan berakhir pukul 16.00 dihadiri Sonhaji pendamping desa,Bhabinkamtibmas Polsek Carenang Brigpol Samijan, kelompok pengelola ketapang, dan perangkat desa Mandaya.

Berdasarkan laporan realisasi anggaran (LRA) desa Mandaya tahun 2022 yang tercantum dalam baleho, untuk program ketapang desa Mandaya terdiri dari bidang pertanian dan peternakan dengan anggaran sebesar Rp.166,814,400. (Ohin)