Pembangunan Medan Libatkan Lansia, Bobby Nasution: Harus Semangat & Tetap Produktif

113

MEDAN ketikberita.com | Keceriaan terpancar dari wajah para lanjut usia (lansia) penyandang disabilitas saat Wali Kota Medan Bobby Nasution menyerahkan sejumlah bantuan berupa kursi roda dan tongkat untuk mereka. Dengan senyum penuh bahagia, mereka pun mengucapkan terima kasih kepada menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut.

Bantuan tersebut diserahkan Bobby Nasution ketika hadir dalam Peringatan Hari Lanjut Usia (HLUN) ke-27 Tahun 2023 di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaja Medan, Kamis (3/8). Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Pemko Medan itu juga melantik Pengurus Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Kota Medan periode 2023-2028 yang diketuai Renward Parapat.

Di hadapan ratusan lansia yang hadir, Bobby Nasution menyampaikan harapannya agar orang-orang tua yang masuk dalam kategori lansia tetap bisa produktif. Artinya, produktifitas dapat dimulai dari pola pikir (mindset) yang menganggap jika lansia pun bisa aktif dalam ragam kegiatan.

“Terkhusus bagi pengurus yang baru dilantik, saran dan masukan saya, kalau bisa hadirkan program – program yang mampu merubah mindset orang tua kita bahwa lansia pun bisa produktif. Maksudnya, program yang ada harus lah bisa mengakar sehingga manfaatnya bisa dirasakan hari ini dan hingga nanti, ” kata Bobby Nasution.

Di beberapa negara, sambung Bobby Nasution, ada program khusus untuk lansia seperti magang. Jika di sini, imbuhnya, magang identik dengan kaum muda atau anak-anak kuliah yang akan memasuki masa akhir pendidikannya sebagai suatu persyaratan kelulusan.

“Ada beberapa negara yang memberlakukan program magang. Misalnya, perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga profesional namun tidak sanggup atau mampu mencukupi membayar gaji yang terlalu tinggi, mereka memberlakukan program tersebut, ” terangnya.

Selanjutnya, Bobby Nasution menuturkan, saat ini pembangunan Kota Medan juga melibatkan lansia. Hal ini tergambar salah satunya dengan pembangunan trotoar dengan mengadopsi universal design. Jika selama ini terbilang cukup tinggi, namun sekarang dibuat lebih rendah.

“Jadi, kita ingin pembangunan yang dilakukan bisa dinikmati semua kalangan sehingga baik kita, kaum lansia maupun difabel dapat merasakan pembangunan ini secara bersama-sama, ” imbuhnya.

Terakhir, Bobby Nasution berharap kepengurusan LLI yang baru dilantik berjalan aktif dan mampu membawa para lansia terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan Kota Medan. “Tetap semangat para orang-orang tua kami, ” ungkapnya seraya membagikan tiga buah handphone kepada lansia yang hadir usai berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan. (red)